Pengembangan Media Papan Magnet Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikirn Kritis Pada Siswa Kelas V SDN Muara Bakti 02

Fatimah, Siti (2023) Pengembangan Media Papan Magnet Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikirn Kritis Pada Siswa Kelas V SDN Muara Bakti 02. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_191240033_COVER.pdf

Download (94kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240033_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (867kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240033_BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240033_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (518kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240033_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (383kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240033_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (787kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240033_BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240033_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah terdapat keterbatasan media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA, dan belum terealisasikan keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas V SDN Muara Bakti 02. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui desain pembelajaran papan magnet, mengetahui kelayakan, dan menguji keefektivitas media papan magnet terhadap keterampilan berpikir kritis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau (research and development), model pada penelitian ini menggunaka model ADDIE yang terdapat pada 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation, jumlah populasi 30 siswa dan sampel yang diambil hanya 28 siswa. Hasil dari pengembangan media papan magnet materi setelah uji kelayakan validasi Tahap I dan II mendapatkan skor presentase keseluruhan 90,5% masuk pada kategori layak, dan pada angket respon siswa terhadap media papan magnet mendapatkan skor keseluruhan 90,3%, serta uji efektivitas pengembangan papan magnet dengan nilai sig 2 tailed 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan media papan magnet materi sistem pencernaan manusia efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi sistem pencernaan manusia pada kelas V. Sedangkan = 2,743 dan = 2,17881283 dimana t_hitung > t_tabel maka disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata penggunaan media papan magnet materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pembelajaran, Papan Magnet, Keterampilan Berpikir Kritis
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 24 Mei 2023 07:09
Perubahan Terakhir: 24 Mei 2023 07:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12469

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.