Fatimah, Siti (2023) Pengembangan Media Papan Magnet Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikirn Kritis Pada Siswa Kelas V SDN Muara Bakti 02. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240033_COVER.pdf Download (94kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240033_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (867kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240033_BAB I.pdf Download (283kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240033_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (518kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240033_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (383kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240033_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (787kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240033_BAB V.pdf Download (200kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240033_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah terdapat keterbatasan media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA, dan belum terealisasikan keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas V SDN Muara Bakti 02. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui desain pembelajaran papan magnet, mengetahui kelayakan, dan menguji keefektivitas media papan magnet terhadap keterampilan berpikir kritis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau (research and development), model pada penelitian ini menggunaka model ADDIE yang terdapat pada 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation, jumlah populasi 30 siswa dan sampel yang diambil hanya 28 siswa. Hasil dari pengembangan media papan magnet materi setelah uji kelayakan validasi Tahap I dan II mendapatkan skor presentase keseluruhan 90,5% masuk pada kategori layak, dan pada angket respon siswa terhadap media papan magnet mendapatkan skor keseluruhan 90,3%, serta uji efektivitas pengembangan papan magnet dengan nilai sig 2 tailed 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan media papan magnet materi sistem pencernaan manusia efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi sistem pencernaan manusia pada kelas V. Sedangkan = 2,743 dan = 2,17881283 dimana t_hitung > t_tabel maka disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata penggunaan media papan magnet materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran, Papan Magnet, Keterampilan Berpikir Kritis |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 24 Mei 2023 07:09 |
Perubahan Terakhir: | 24 Mei 2023 07:09 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12469 |
Actions (login required)
Lihat Item |