Pengembangan Bahan Ajar Modul Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas V Pada Materi Siklus Air dan Dampaknya Pada Peristiwa di Bumi di SDN Ujung Tebu.

Khopipah, Pipit (2023) Pengembangan Bahan Ajar Modul Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas V Pada Materi Siklus Air dan Dampaknya Pada Peristiwa di Bumi di SDN Ujung Tebu. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240071_Cover.pdf

Download (100kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240071_Lampiran Depan.pdf

Download (831kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240071_BAB I.pdf

Download (190kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240071_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (368kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240071_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (473kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240071_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (826kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240071_BAB V.pdf

Download (160kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240071_Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prosedur pengembangan modul, 2) kelayakan produk modul untuk meningkatkan kemampuan berikir kritis siswa kelas V dan 3) keefektifan produk modul untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V. Metode penelitan yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model yang dikembangkan oleh Dick and Carry yaitu model ADDIE yang terdiri dari lima langkah: 1) analisis, 2) perancangan, 3) pengembangan, 4) implementasi, dan 5) evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah rubrik penilaian ahli media dan ahli materi, soal-soal pretest dan posttest, dan wawancara. Sedangan teknik anasilis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui rubrik penilaian validator ahli media dan ahli materi yang dikonversikan Skala Lima, yaitu alternatif jawaban yang diberi skor. Uji coba produk dilakukan dengan subjek penelitian siswa sebanyak 17 orang di kelas V SDN Ujung Tebu. Hasil validasi produk dari ahli media memperoleh presentase 89.23%, 87.69%, dan 84.61% dengan kriteria “sangat layak”. Sedangkan untuk penilaian dari ahli materi yang meliputi aspek komponen modul, aspek bahasa, dan aspek isi mendapatkan nilai presentase 82.50%, 89.00%, 84.00% dan dengan kriteria “ sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar modul sangat layak untuk diuji cobakan di sekolah. Berdasarkan hasil uji coba modul kepada siswa kelas V di SDN Ujung Tebu, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa mengingkat terbukti bahwa 100% siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata peningkatannya 50%. Hal ini terlihat dari kegiatan belajar sebelum menggunakan bahan ajar modul dan sesudah menggunakan bahan ajar modul yaitu melalui angket pretest dan posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul ini efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi terutama pada materi siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Modul, Pembelajaran IPA, Berpikir Tingkat Tinggi, Siklus Air dan Dampaknya Bagi Kehidupan di Bumi
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 24 Mei 2023 04:21
Perubahan Terakhir: 24 Mei 2023 04:21
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12464

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.