Penerapan Tahsin Tilawah Al-Qur’an Menggunakan Metode Asy-Syafi’I Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di SDIT Tahfidz Darul Mu’minin Kota Cilegon

Devi, Nabilah Shinta (2023) Penerapan Tahsin Tilawah Al-Qur’an Menggunakan Metode Asy-Syafi’I Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di SDIT Tahfidz Darul Mu’minin Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_181210117_Cover.pdf

Download (158kB)
[img] Teks
S_PAI_181210117_Lampiran Depan.pdf

Download (674kB)
[img] Teks
S_PAI_181210117_BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Teks
S_PAI_181210117_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (774kB)
[img] Teks
S_PAI_181210117_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (200kB)
[img] Teks
S_PAI_181210117_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (385kB)
[img] Teks
S_PAI_181210117_BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Teks
S_PAI_181210117_Daftar Pustaka.pdf

Download (221kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitan ini adalah 1). Untuk mengetahui bagaimana penerapan tahsin tilawah al-Qur’an dengan metode asy-syafi’I dalam pembelajaran al-Qur’an pada siswa di SDIT Tahfidz Darul Mu’minin Kota Cilegon. 2). Mengetahui Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan tahsin tilawah al-Qur’an dengan metode asy-syafi’I dalam pembelajaran al-Qur’an pada siswa di SDIT Tahfidz Darul Mu’minin Kota Cilegon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi lapangan, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk analisisinya penulis menggunakan teori Miles dan Hubermans, langkah-langkah analisis meliputi pengumpulan data, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion/verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan yang dilakukan di SDIT Tahfidz Darul Mu’minin adalah secara langsung dibagi menjadi 2 golongan pada penyampaian materi yaitu kelas rendah (1,2 dan 3) dan kelas tinggi (4,5 dan 6) pada metode asy-syafi’I pada intinya mempelajari tentang makharijul huruf, sifat huruf dan tajwid. Faktor penghambat penggunaan metode asy-syafi’I dalam pembelajaran al-Qur’an yakni masih banyaknya siswa yang terbata bata dan belum terlalu memahami kaidah ilmu tajwid, latar belakang yang berbeda-beda dalam pengenalan al-Qur’an, kurangnya tenaga pendidik, masih terbatasnya waktu dan sarana dan prasarana yang belum memadai.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Asy-Syafi’I, Pembelajaran Al-Qur’an
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 16 Mei 2023 02:05
Perubahan Terakhir: 16 Mei 2023 02:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12416

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.