Efektivitas Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Menggunakan Metode Baghdadiyah (Studi di MTs Al-Khairiyah Lambangsari Bojonegara)

Muflih, Muhammad (2023) Efektivitas Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Menggunakan Metode Baghdadiyah (Studi di MTs Al-Khairiyah Lambangsari Bojonegara). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210165_Cover.pdf

Download (107kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210165_Lampiran Depan.pdf

Download (619kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210165_BAB I.pdf

Download (638kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210165_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (558kB)
[img] Teks
S_PAI_181210165_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (164kB)
[img] Teks
S_PAI_181210165_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (169kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210165_BAB V.pdf

Download (77kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210165_Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Al-Qur’an merupakan sumber utama dalam hukum islam. Banyak anak yang sudah mampu dalam membaca al-Qur’an, namun dari segi makhorijul huruf dan penerapan hukum tajwidnya masih kurang dan perlu dikaji lebih dalam lagi, hal tersebut dapat berakibat fatal jika salah dalam membaca satu huruf al-Qur’an maka akan berbeda pula maknanya. Dunia pendidikan sangatlah penting akan tetapi pentingnya pendidikan al-Qur’an bagi anak-anak yang belum mengerti dan belum memahami cara membacanya. Metode baghdadiyah adalah metode pembelajaran al-Qur’an dengan cara di eja perhurufnya. Kaedah ini juga dikenal dengan sebutan “eja” atau latih tubi, tidak diketahui siapa pengasasnya. Kaedah ini merupakan kaedah yang paling lama dan meluas digunakan di seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan anak-anak dalam mempelajari al-Qur’an dan peneliti menggunakan metode baghdadiyah sebagai bahan proses pembelajaran baca tulis al-Qur’an, untuk memperoleh deskripsi mengenai penggunaan metode baghdadiyah dalam kemampuan baca tulis al-Qur’an dan untuk mengetahui hubungan metode baghdadiyah dengan kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat mengetahui sejauh mana pemahaman siswa dalam mempelajari al-Qur’an dan bagi siswa dapat meningkatkan kemampuan dalam membaca al-Qur’an. Pada proses penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran baca tulis al-Qur’an. Teknis analisis data pada penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada proses pembelajaran baca tulis al-Qur’an menggunakan metode baghdadiyah sangatlah efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk mempelajari al-Qur’an. Adanya metode baghdadiyah tersebut siswa dapat mengenal huruf-huruf hijaiyah secara rinci serta mengetahui tata letak makhorijul hurufnya. Pada dasarnya al-Qur’an adalah tujuan utama bagi setiap lembaga yang berbasis madrasah atau umum sebagai bahan pembelajaran yang utama karena setelah lulus siswa diterjunkan ke masyarakat untuk mengabdikan dirinya kepada masyarakat, oleh karenanya diri sendiri, lembaga dan masyarakat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 03 Mei 2023 07:27
Perubahan Terakhir: 03 Mei 2023 07:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12368

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.