Analisis Supervisi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Profesionalisme dan Kinerja Guru (Studi Komparatif di MA Sultan Hasanddin Al-Jawi dan MA Darunnaim Kabupaten Lebak)

Izari, Mochamad Sohibul (2023) Analisis Supervisi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Profesionalisme dan Kinerja Guru (Studi Komparatif di MA Sultan Hasanddin Al-Jawi dan MA Darunnaim Kabupaten Lebak). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182630012_Cover.pdf

Download (67kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182630012_Lampiran Depan.pdf

Download (601kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182630012_BAB I.pdf

Download (166kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_MPI_182630012_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (392kB)
[img] Teks
T_MPI_182630012_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (168kB)
[img] Teks
T_MPI_182630012_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (258kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182630012_BAB V.pdf

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182630012_Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Masyarakat mempunyai harapan yang berlebih terhadap peningkatan profesionalisme guru melalui supervisi kepala madrasah.Oleh karena itu, peran kepala madrasah memiliki peran penting untuk mewujudkan hal tersebut dengan pelaksanaan supervisi pendidikan yang baik dan optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kegiatan kepala madrasah dalam melakukan supervisi guru?; (2) bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru?; (3) bagaimana supervisi kepala madrasah dalam mengukur dan menilai kinerja guru?; tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kegiatan kepala madrasah dalam melakukan supervisi guru, (2) untuk mengetahui peran kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru; (3) untuk mengetahui supervisi kepala madrasah dalam mengukur dan menilai kinerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriftif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dalam upaya mendeskripsikan supervisi kepala madrasah dalam peningkatan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Sultan Hasanuddin Al-Jawi dan Madrasah Aliyah Darunnaim Kabupaten Lebak, dengannara sumber dari unsur Kepala Madrasah dan dewan guru. Hasil penelitian ini adalah supervise kepala madrasah dalam peningkatan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Sultan Hasanuddin Al-Jawi dan Madrasah Aliyah Darunnaim Kabupaten Lebak secara umum telah dilaksanakan dengan baik dan tahapan-tahapan yang dilakukan sesuai dengan aturan dan regulasi baik mulai tahapan perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi dan evaluasi supervisi. Terdapat faktor pendukung Namun demikian terdapat kelemahan-kelemahan berupa terjalinnya kekeluargaan dan kerja sama yang baik antara kepala madrasah dan dewan guru. Namun demikian terdapat hambatan dari unsur sarana prasarana, biaya dan dukungan pemerintah untuk pelatihan dan peningkatan kesejahteran guru. Sehingga upaya dan solusi yang dilakukan kepala madrasah adalah dengan mengikuti pelatihan, study banding dan menjalin kerja sama dengan pihak pemerintah terkait untuk pemenuhan sarana prasarana dan biaya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Supervisi Kepala Madrasah, Peningkatana Profesionalise, kinerja Guru
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 28 Apr 2023 04:30
Perubahan Terakhir: 28 Apr 2023 04:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12336

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.