Mahmudatun, Lilis (2023) Pengembangan Buku Saku Ekosistem dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas V. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240037_Cover.pdf Download (176kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240037_Lampiran Depan.pdf Download (11MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240037_BAB I.pdf Download (186kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240037_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (611kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240037_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (321kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240037_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (2MB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240037_BAB V.pdf Download (15kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240037_Daftar Pustaka.pdf Download (175kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media buku saku, mengetahui perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V sebelum dan setelah menggunakan buku saku, dan mengukur keefektifan buku saku dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model ADDIE dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Pengujian validitas dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan praktisi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Langkah-langkah dalam mengembangkan buku saku meliputi Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Berdasarkan lima tahap tersebut diperoleh data bahwa buku saku yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran ekosistem. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V sebelum dan setelah menggunakan buku saku berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji Paired Sample T-Test mendapatkan nilai sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05. 3) Keefektifan buku saku ekosistem diperoleh berdasarkan pengujian N-gain sebesar 0,56 dimana berada dalam rentang 0,3 < g < 0,7 dalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku saku telah dikembangkan menurut tahapan model ADDIE berada dalam kategori sangat layak, penggunaan buku saku menghasilkan perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, dan buku saku efektif digunakan bagi siswa kelas V SD/MI untuk mempelajari materi ekosistem.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Buku Saku, Ekosistem, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 13 Apr 2023 04:07 |
Perubahan Terakhir: | 13 Apr 2023 04:07 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12006 |
Actions (login required)
Lihat Item |