Maulia, Wilda (2023) Pengembangan Buku Ajar Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV Ibnu Rusyd A MI Al-Khairiyah Pipitan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240039_Cover.pdf Download (53kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240039_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240039_BAB I.pdf Download (222kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240039_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (250kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240039_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (589kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240039_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240039_BAB V.pdf Download (157kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240039_Daftar Pustaka.pdf Download (219kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam pembelajaran matematika materi bangun datar, siswa kurang tertarik sehingga keterampilan belajar tingkat tinggi dan pemahaman pembelajaran matematika sangat kurang. Bahan ajar yang digunakan adalah lembar kerja siswa. Dengan adanya pengembangan bahan ajar matematika materi bangun datar berbasis etnomatematika, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa yang lebih efektif pada pembelajaran matematika materi bangun datar dengan mengenalkan budaya sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan buku ajar matematika materi bangun datar berbasis etnomatematikasiswa kelas IV yang layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar dan penunjang dalam pembelajaran. 2) Melihat efektifitas pemahaman siswa terhadap buku ajar matematika materi bangun datar berbasis etnomatematika kelas IV Ibnu Ruysd A. Penelitian ini merupakan penelitian (R&D) dengan menggunakan model 4-D (Four D Models), Penelitian ini meliputi 4 tahap, yaitu: 1) Pendefinisian 2) Tahap Perancangan 3) Tahap Pengembangan, 4) Tahap Deseminasi. Hasil pengembangan buku ajar materi bangun datar berbasis etnomatematika telah diuji validitas yang dilakukan oleh validator ahli media, materi, dan guru kelas IV, berdasarkan uji validasi yang dilakukan validator dinyatakan layak digunakan dengan hasil presentase 83%-96% (Sangat Layak). Uji coba siswa menggunakan pre-test dan post-test. Hasil uji coba post-test menggunakan buku ajar matematika materi bangun datar berbasis etnomatematika menunjukkan hasil presentase 88%. Dengan adanya peningkatan ini dapat menunjukkan bahwa buku ajar matematika materi bangun datar berbasis etnomatematika layak digunakan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Buku Ajar, Bangun Datar, Etnomatematika, Meningkatkan Pemahaman Siswa |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 13 Apr 2023 03:34 |
Perubahan Terakhir: | 13 Apr 2023 03:34 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12000 |
Actions (login required)
Lihat Item |