Pengembangan Buku Ajar Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV Ibnu Rusyd A MI Al-Khairiyah Pipitan

Maulia, Wilda (2023) Pengembangan Buku Ajar Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV Ibnu Rusyd A MI Al-Khairiyah Pipitan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240039_Cover.pdf

Download (53kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240039_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240039_BAB I.pdf

Download (222kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_171240039_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (250kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240039_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (589kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240039_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240039_BAB V.pdf

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240039_Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam pembelajaran matematika materi bangun datar, siswa kurang tertarik sehingga keterampilan belajar tingkat tinggi dan pemahaman pembelajaran matematika sangat kurang. Bahan ajar yang digunakan adalah lembar kerja siswa. Dengan adanya pengembangan bahan ajar matematika materi bangun datar berbasis etnomatematika, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa yang lebih efektif pada pembelajaran matematika materi bangun datar dengan mengenalkan budaya sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan buku ajar matematika materi bangun datar berbasis etnomatematikasiswa kelas IV yang layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar dan penunjang dalam pembelajaran. 2) Melihat efektifitas pemahaman siswa terhadap buku ajar matematika materi bangun datar berbasis etnomatematika kelas IV Ibnu Ruysd A. Penelitian ini merupakan penelitian (R&D) dengan menggunakan model 4-D (Four D Models), Penelitian ini meliputi 4 tahap, yaitu: 1) Pendefinisian 2) Tahap Perancangan 3) Tahap Pengembangan, 4) Tahap Deseminasi. Hasil pengembangan buku ajar materi bangun datar berbasis etnomatematika telah diuji validitas yang dilakukan oleh validator ahli media, materi, dan guru kelas IV, berdasarkan uji validasi yang dilakukan validator dinyatakan layak digunakan dengan hasil presentase 83%-96% (Sangat Layak). Uji coba siswa menggunakan pre-test dan post-test. Hasil uji coba post-test menggunakan buku ajar matematika materi bangun datar berbasis etnomatematika menunjukkan hasil presentase 88%. Dengan adanya peningkatan ini dapat menunjukkan bahwa buku ajar matematika materi bangun datar berbasis etnomatematika layak digunakan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Buku Ajar, Bangun Datar, Etnomatematika, Meningkatkan Pemahaman Siswa
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 13 Apr 2023 03:34
Perubahan Terakhir: 13 Apr 2023 03:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12000

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.