Utami, Anida Eka (2023) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMPN 1 Jiput. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210144_Cover.pdf Download (18kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210144_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210144_BAB I.pdf Download (454kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210144_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (800kB) |
||
Teks
S_PAI_181210144_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (223kB) |
||
Teks
S_PAI_181210144_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (478kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210144_BAB V.pdf Download (195kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210144_Daftar Pustaka.pdf Download (426kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kenakalan siswa di SMPN 1 Jiput, untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMPN 1 Jiput, dan untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam strategi kenakalan siswa di SMPN 1 Jiput Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dengan kepala sekolah SMPN 1 Jiput, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, 3 Guru PAI, serta 10 siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab kenakalan di SMPN 1 Jiput ada tiga yaitu pertama faktor diri sendiri, faktor keluarga, dan faktor lingkungan. Strategi yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengatasi kenakalan siswa di SMPN 1 Jiput dilakukan dengan berbagai tahapan, tahapan pertama yaitu tindakan preventif seperti mengaji sebelum belajar, adanya kultum setiap hari jumat, PHBI, dan penyuluhan misalnya penyuluhan dari kepolisian. Selanjutnya tindakan represif, memberikan nasehat serta bimbingan, memberikan teladan yang baik, memberi peringatan, dan penerapan sanksi berupa membersihkan mushola, memberikan hafalan, atau tugas lainnya. Kemudian tindakan kuratif, diberikan surat peringatan (SP) hingga dikembalikannya siswa kepada orang tua/walinya. Sedangkan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam strategi mengatasi kenakalan siswa ada tiga yaitu faktor diri sendiri, faktor keluarga, dan faktor lingkungan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi Guru PAI, Kenakalan Siswa |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 12 Apr 2023 08:07 |
Perubahan Terakhir: | 12 Apr 2023 08:07 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11979 |
Actions (login required)
Lihat Item |