Kesenian Tradisional Gendreh Dalam Pernikahan Di Desa Parungkujang Kecamatan Cileles Kabupaten Lebak

Sulastri, Ati (2023) Kesenian Tradisional Gendreh Dalam Pernikahan Di Desa Parungkujang Kecamatan Cileles Kabupaten Lebak. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350014_COVER.pdf

Download (101kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350014_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (379kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350014_BAB I.pdf

Download (274kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_SPI_171350014_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (314kB)
[img] Teks
S_SPI_171350014_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (517kB)
[img] Teks
S_SPI_171350014_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (167kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350014_BAB V.pdf

Download (159kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_SPI_171350014_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kesenian Gendreh merupakan salah satu kesenian yang tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat Desa Parungkujang Kecamatan Cileles Kabupaten Lebak, dengan latar belakang sosial yang masih dipengaruhi pola kehidupan tradisional, kesenian Gendreh sebelum digunakan sebagai sarana upacara ritual dalam pernikahan satu hari melangsungkan pernikahan. Kegiatan kesenian Gendreh dimaksudkan sebagai bentuk media komunikasi kepada masyarakat dengan tujuan memberitahukan bahwa akan ada acara pernikahan di salah satu tempat. Berdasarkan latar belakang tersebut, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Kesenian Tradisional Gendreh Desa Parungkujang?, (2) Bagaimana Deskripsi Kesenian Tradisional Gendreh Dalam Pernikahan Adat Sunda Di Desa Parungkujang?, (3) Bagaimana Simbol dan Nilai Pada Kesenian Tradisional Gendreh Dalam Pernikahan Di Desa Parungkujang Kecamatan Cileles Kabupaten Lebak?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kesenian tradisional Gendreh Desa Parungkujang, (2) Untuk mengetahui deskripsi kesenian tradisional Gendreh dalam pernikahan adat Sunda di Desa Parungkujang, (3) Untuk mengetahui simbol dan nilai pada kesenian tradisional Gendreh dalam pernikahan di Desa Parungkujang Kecamatan Cileles Kabupaten Lebak. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Metode Penelitian Kebudayaan, melalui beberapa tahapannya sebagai berikut, yaitu: Observai, Wawancara, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil pembahasan skripsi ini dapat disimpulkan bahwa kesenian Gendreh merupakan kesenian tradisional yang berada di Desa Parungkujang Kecamatan Cileles Kabupaten Lebak dengan menggunakan lesung dan alu yang awalnya merupakan ritual dalam perayaan panen padi seiring berjalannya waktu mengalami perkembangan teknologi dalam pengolahan padi kesenian Gendreh beralih fungsi sebagai kesenian sarana ritual dalam upacara pernikahan serta sarana alat komunikasi dalam pertemuan masyarakat. Kesenian Gendreh terjadi adanya proses akulturasi unsur budaya lokal yang dipadukan dengan unsur Islam. Adapun dalam kesenian Gendreh memiliki keragaman dan sisi alat-alat, musik, doa dan sesajen hal ini merupakan keunikan dari pertunjukan kesenian Gendreh yang memiliki simbol serta nilai-nilai didalamnya. Nilai kesenian Gendreh di Desa Parungkujang meliputi, nilai sosial, nilai keagamaan dan nilai budaya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Gendreh, Pernikahan, Parungkujang
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 301 Sosiologi & antropologi
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 10 Apr 2023 05:10
Perubahan Terakhir: 10 Apr 2023 05:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11924

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.