Eksistensi dan Enduransi Pondok Pesantren Roudhotul ‘Ulum Cidahu di Tengah Modernisasi Pendidikan

Abdullah, Latif (2023) Eksistensi dan Enduransi Pondok Pesantren Roudhotul ‘Ulum Cidahu di Tengah Modernisasi Pendidikan. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610027_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (80kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610027_LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610027_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (346kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PAI_192610027_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (317kB)
[img] Teks
T_PAI_192610027_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (149kB)
[img] Teks
T_PAI_192610027_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (590kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610027_BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (133kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610027_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Hegemoni pesantren modern dan perubahan pendidikan, yang tidak bisa di mundurkan lagi berdampak pada pendidikan pondok pesantren salaf yang mengalami banyak konflik dalam menghadapinya, sampai-sampai ada yang ditinggalkan santri dan gulung tikar. Anggapan lain tentang pondok pesantren tradisional yaitu pola pendidikan yang diterapkan di pesantren terlalu lamban untuk mengeluarkan lulusan yang diharapkan masyarakat, karena pondok pesantren salafiyah merupakan pendidikan tradisonal yang eksklusif yang sulit berkembang di tengah-tengah masyarakat. penelitian ini dilakukan di Pesantren Roudhotul 'Ulum Cidahu Pandeglang. Rumusan masalah penelitian ini adalah : Bagaimana sistem pembelajaran dan pendidikan PP Roudhotul ‘Ulum? Bagaimana strategi PP Roudhotul ‘Ulum dalam menghadapi modernisasi pendidikan pesantren? Apa faktor internal dan eksternal PP Roudhotul ‘Ulum Cidahu dalam mempertahankan sistem tradisional di tengah modernisasi pendidikan pesantren. Penelitian ini dilakukan untuk memahami, menganalisis dan mendeskripsikan sistem pembelajaran, strategi dan faktor internal dan eksternal yang diberlakukan PP Roudhotul ‘Ulum di tengah modernisasi pendidikan. Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pembelajaran di PP Roudhotul ‘Ulum menunjukkan eksistensinya yakni memegang teguh prinsip kesalafiyahannya dengan memfokuskan pada kajian kitab-kitab kuning yang meliputi bidang Fiqh, Tafsir, Hadits, Balagoh, Ushul Fiqh, Nahwu, Tauhid, Tasawuf dan lain-lain. Tujuan pembelajaran dari belajar kitab kuning di PP Roudhotul ‘Ulum adalah taffaquh fi al-ddin. Metode pengajaran yang diterapkan yaitu : Metode hafalan, sorogan, bandungan, muzakarah, majlis ta’lim. Kiai tidak melakukan evaluasi dan mengukur kemampuan santri tetapi kiai lebih memperhatikan tingkah laku ketekunan santri disaat belajar. Strategi juga faktor internal dan eksternal yang terdapat di pesantren Cidahu membuat pesantren tersebut mampu survive di tengah modernisasi pendidikan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Eksistensi, Pesantren, Pembelajaran, Strategi
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 06 Apr 2023 07:31
Perubahan Terakhir: 06 Apr 2023 07:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11903

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.