Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Bercerita untuk Meningkatkan Percaya Diri pada Anak yang Mengalami Pola Asuh Otoriter (Studi Kampung Ciwengker Desa Sukawana kecamatan Curug Kota Serang)

Ani, Ani (2023) Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Bercerita untuk Meningkatkan Percaya Diri pada Anak yang Mengalami Pola Asuh Otoriter (Studi Kampung Ciwengker Desa Sukawana kecamatan Curug Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340043_COVER.pdf

Download (32kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340043_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (534kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340043_BAB I.pdf

Download (390kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_171340043_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (175kB)
[img] Teks
S_BKI_171340043_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (128kB)
[img] Teks
S_BKI_171340043_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (284kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340043_BAB V.pdf

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_171340043_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Orang tua merupakan sosok yang paling berperan dalam menstimulasi perkembangan psikologis anak. Terkadang kita jumpai orang tua yang memperkuat kepercayaan diri anak menaruh harapan yang terlalu besar tehadap anaknya, tanpa disesuaikan dengan kemampuan anak itu sendiri. Akibatnya, anak dipaksa memenuhi harapan orang tua yang tidak pada tempatnya sehingga anak sering kali menerima kritikan, mengalami rasa takut, dan merasakan kekecewaan. Hal ini dapat menyebabkan anak kehilangan rasa percaya dirinya. Apabila hal ini dibiarkan terus menerus terjadi, dampak kehilangan kepercayaan diri ini dapat berlanjut hingga anak dewasa. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana kondisi kepercayaan diri anak yang mengalami pola asuh otoriter? 2). Bagaimana penerapan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik bercerita pada anak yang mengalami pola asuh otoriter? 3). Bagaiamana hasil dari bimbingan kelompok pada anak yang mengalami pola asuh otoriter? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Untuk mengetahui kondisi kepercayaan diri anak yang mengalami pola asuh otoriter? 2). Untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik bercerita pada anak yang mengalami pola asuh otoriter 3). Untuk mengetahui hasil dari bimbingan kelompok pada anak yang mengalami pola asuh otoriter? Dalam penelitian ini dilakukan di Kampung Ciwengker Desa Sukawana kecamatan Curug Kota Serang pada responden berinisial ES, AM, NH, dan SN. Penulis menggunakan metode kualitatif. Adapun data yang diperoleh melalui obsevasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1). Anak-anak yang berada di Kampung Ciwengker ini awalnya memiliki rasa percaya diri yang kurang, hal ini dapa ditandai dengan adanya sikap anak-anak yang mudah menyerah/pesimis, merasa takut, murung, dan khawatir/cemas. 2). Bimbingan yang diberikan oleh anggota kelompok yaitu dengan memberikan bimbingan kelompok tiga tahap dengan teknik bercerita 3). Dari empat anak yang mengalami pola asuh otoriter awalnya memiliki rasa percaya diri yang kurang. Namun, setelah diberikan bimbingan kelompok oleh peneliti rasa percaya diri anak-anak memiliki peningkatan yaitu lebih percaya diri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Anak, Bimbingan Kelompok, Kepecayaan Diri Pola Asuh Otoriter, Teknik Bercerita
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 06 Apr 2023 03:17
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 02:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11880

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.