Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Di Paud Barokah Desa Pagenjahan Kec. Kronjo Kab. Tangerang-Banten

Nupus, Muthma’innatun (2023) Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Di Paud Barokah Desa Pagenjahan Kec. Kronjo Kab. Tangerang-Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260025_Cover.pdf

Download (153kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260025_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260025_BAB I.pdf

Download (370kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_181260025_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (318kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260025_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (225kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260025_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (533kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260025_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260025_Daftar Pustaka.pdf

Download (231kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah dapat memberikan informasi kepada lembaga-lembaga yang menangani pendidikan anak usia dini ataupun masyarakat umum yang membutuhkan informasi tentang perkembangan anak khususnya peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan serta mengetahui hambatan dan solusi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Latar belakang dari penelitian ini ialah masih banyak anak yang belum mampu membaca pada tahap permulaan. Ketika pembelajaran berlangsung terdapat anak yang masih kesulitan dalam mengenal dan menyebutkan simbol huruf yang diperlihatkan guru di papan tulis. Karena perkembangan anak berbeda-beda. Sama hal nya dengan membaca, Ada yang sudah lancar membaca, dan ada yang belum mengenal simbol-simbol huruf alfabet. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan datanya dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah Model Sugiyono, yang prosesnya meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ialah, dalam pelaksanaan kegiatan membaca permulaan adanya tingkatan awal membaca, mulai dari membimbing anak mengenal huruf alfabet, membaca dua suku kata dan membaca kalimat sederhana. Peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan di Paud Barokah yaitu menumbuhkan kesadaran pentingnya membaca dengan menanamkan minat baca pada diri anak menjadikan kegiatan membaca itu adalah hal yang menyenangkan. Menyediakan bahan bacaan untuk anak seperti poster, buku bacaan dan kartu huruf. Dan peran guru selanjutnya yaitu bermain tebak-tebakan sebelum pulang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran Guru, Membaca Permulaan, Anak Usia Dini
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 29 Mar 2023 03:21
Perubahan Terakhir: 29 Mar 2023 03:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11755

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.