Penerapan Metode Talaqqi Dalam Peningkatan Hafalan Al-Qur’an Pada Anak di TK Al-Fatir

Fauziah, Izatul (2023) Penerapan Metode Talaqqi Dalam Peningkatan Hafalan Al-Qur’an Pada Anak di TK Al-Fatir. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260037_Cover.pdf

Download (187kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260037_Lampiran Depan.pdf

Download (938kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260037_BAB I.pdf

Download (515kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_181260037_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (789kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260037_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (586kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260037_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (812kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260037_BAB V.pdf

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260037_Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi pada permasalahan metode yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an di TK Al-Fatir kurang tepat, oleh karena itu peneliti menerapkan metode talaqqi di sekolah tersebut. Alasannya karena metode talaqqi adalah metode menghafal Al-Qur’an yang cukup efesien bagi Anak Usia Dini, dilakukan dengan cara memperdengarkan atau menyetorkan hafalan ayat-ayat yang baru di hafal kepada guru dengan tatap muka. Dalam menanamkan rasa cinta terhadap Al-Qur’an tersebut pendidik perlu menggunakan strategi pembelajaran yang tepat karena salah satu komponen terpenting yang menghubungkan pembelajaran dengan tujuan pendidikan ialah metode. Dengan menggunakan metode maka materi pengetahuan dapat diterima dengan baik oleh peserta didik. Sehingga harus menggunakan metode yang tepat dalam menyampaikan materi pendidikan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode talaqqi di TK Al-Fatir dan untuk mengetahui tingkat keberhasilan anak dalam menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan metode talaqqi di TK Al-Fatir. Jenis penelitian ini. Penelitian Tindakan Kelas. Model PTK yang digunakan adalah model Kemmis Mc Taggart dengan menggunakan siklus PTK minimal 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan dan, 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelompok A dan B di TK Al-Fatir Kecamatan Kragilan Kbupaten Serang yang berjumlah 22 anak. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) dengan menerapkan metode talaqqi dapat meningkatkan hafalan Al-Qur’an pada anak di TK Al-Fatir dan 2) terjadi keberhasilan dalam peningkatan hasil hafalan Al-Qur’an tiap siklus dengan menggunakan metode talaqqi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan setiap siklusnya. Hasil observasi tingkat keberhasilan hafalan peserta didik pra siklus sebesar 40%, siklus I sebesar 72% dan siklus II sebesar 86%.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Talaqqi, Hafalan Al-Qur’an, Anak Usia Dini
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 29 Mar 2023 02:48
Perubahan Terakhir: 29 Mar 2023 02:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11753

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.