Strategi Creative Director dalam Pembuatan Konten Digital (Studi Deskriptif Rumah Produksi Zen House)

Gusprianto, Adik (2023) Strategi Creative Director dalam Pembuatan Konten Digital (Studi Deskriptif Rumah Produksi Zen House). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510113_Cover.pdf

Download (108kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510113_Lampiran Depan.pdf

Download (845kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510113_BAB I.pdf

Download (317kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_181510113_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (341kB)
[img] Teks
S_KPI_181510113_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (243kB)
[img] Teks
S_KPI_181510113_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (354kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510113_BAB V.pdf

Download (94kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510113_Daftar Pustaka.pdf

Download (391kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Revolusi 4.0 adalah sebuah transformasi baru yang mendasari teknologi digital dan internet sebagai tiangnya. Hadirnya era revolusi ini merupakan sebuah upaya peningkatan sistem digital dalam dunia bisnis dan industri, salah satunya pada sektor industri kreatif. Industri kreatif merupakan suatu konsep bisnis inovatif yang memanfaatkan kreatifitas manusia sebagai aspek utama dalam industri konten digital. Industri kreatif biasanya dikelola oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang kreatif digital seperti rumah produksi, dengan memproduksi konten berisikan pesan atau informasi yang divisualisasikan dalam bentuk audio visual. Seorang creative director adalah otak dibalik proses jalannya sebuah rumah produksi, sehingga dapat menghasilkan konten yang menarik, informatif, dan inovatif. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa saja yang dipersiapkan creative director dalam pada saat pra produksi dalam pembuatan konten digital? 2) Bagaimana rangkaian proses produksi yang dilakukan dalam membuat konten digital? 3) Bagaimana pasca produksi dalam pembuatan konten digital? Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui semua yang dipersiapkan oleh seorang creative director saat pra produksi dalam pembuatan konten digital. 2) untuk mengetahui rangkaian proses produksi dalam pembuatan konten digital. 3) untuk mengetahui pasca produksi dalam pembuatan konten digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian deskriptif kualitatif ini mencakup cuplikan data yang memberikan gambaran umum terkait penyajian laporan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah; wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data. Penelitian dilaksanakan pada November 2022, dengan jumlah responden dalam penelitian ini 3 orang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: Proses produksi pada Rumah Produksi Zen House meliputi tiga proses menurut teori Fred Wibowo yakni, 1) Pra produksi merupakan proses awal sebelum memasuki proses produksi, pada proses ini terbagi mendjadi dua tahapan yakni (a) perencanaan, membuat rancangan konsep cerita yang akan dibuat, (b) persiapan, seluruh perencanaan yang sudah dilakukan di periksa kembali sebelum masuk proses produksi. Terbagi dalam kesiapan alat, kesiapan tim, dan kesiapan lokasi. 2) Produksi merupakan proses perekaman (recording) meliputi; ; (a) Persiapan, (b) Proses pengambilan gambar, (c) Peran creative director saat produksi berlangsung. 3) Pasca Produksi proses akhir dalam pembuatan konten digital rumah produksi Zen House meliputi; a) editing, b) evaluasi, dan c) publikasi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Komunikasi Massa, Strategi Creative Director, Konten Digital
Subjek: 600 Teknologi > 650 Manajemen & public relations > 659 Iklan & PR
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 21 Mar 2023 08:41
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11709

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.