Strategi Komunikasi Satlantas Polres Kota Serang (Studi Deskrptif dalam Program Sosialisasi Millenial Road Safety Festival di Kota Serang)

Anggraini, Malia Putri (2023) Strategi Komunikasi Satlantas Polres Kota Serang (Studi Deskrptif dalam Program Sosialisasi Millenial Road Safety Festival di Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510014_Cover.pdf

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510014_Lampiran Depan.pdf

Download (821kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510014_BAB I.pdf

Download (499kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_181510014_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (448kB)
[img] Teks
S_KPI_181510014_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (225kB)
[img] Teks
S_KPI_181510014_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (648kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510014_BAB V.pdf

Download (99kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510014_Daftar Pustaka.pdf

Download (209kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Mengikuti peraturan lalu lintas adalah hal terpenting yang harus dilakukan oleh para pengemudi untuk menghindari terjadinya kecelakaan di jalan raya. Meminimalkan risiko terjadinya kecelakaan. Dari sekian banyaknya kasus kecelakaan di jalan raya, sebagaian besar disebabkan oleh pengemudi yang melanggar peraturan lalu lintas. Mulai dari pengendara roda dua, maupun roda empat. Pelanggaran tersebut dapat dikarenakan oleh kurangnya pengetahuan para pengemudi akan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimana Satlantas Polres Kota Serang menentukan objek dalam program sosialisasi Millenial Road Safety Festival 2)Bagaimana Satlantas Polres Kota Serang menentukan pesan dalam program sosialisasi Millenial Road Safety Festival 3)Bagaimana Satlantas Polres Kota Serang menentukan media yang digunakan dalam program sosialisasi Millenial Road Safety Festival Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dan analisis data. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2022. Dengan jumlah informan dalam penelitian ini adalah 5 orang diantaranya; Kaur Bin Ops Lalu Lintas Polres Kota Serang, Kasub nit I Turjawali Kota Serang, Kanit Lalu Lintas Polsek Ciruas, Siswa SMAN 1 Ciruas dan Siswi SMAN 1 Ciruas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan penyampaian tertib lalu lintas pada generasi milenial, Polres Kota Serang menetapkan target sasaran yang ditentukan berdasarkan data angka pelanggaran dan kecelakaan yang terjadi di Kota Serang. Pesan yang dipilih untuk disampaikan merupakan pesan yang bersifat informatif, mendidik, persuasif. Kemudian penyampaian pesan secara langsung, dan penyampaian pesan dengan menggunakan media sosial dianggap sebagai cara yang efektif untuk digunakan oleh Satlantas Polres Kota Serang dalam menyampaikan pesan tertib lalu lintas pada generasi milenial, tetapi dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa akun media sosial Instagram (@santalntas.polresserang) tidak memuat banyak hal tentang penyampaian pesan tertib lalu lintas, dan sebagian besar hanya memuat foto kegiatan yang dilakukan oleh Satlantas Polres Kota Serang. Penyampaian pesan tertib lalu lintas secara langsung dalam kegiatan Millennial Road Safety Festival, berdasarkan wawancara dengan peserta kegiatan (generasi milenial) dan hasil pengamatan menunjukkan bahwa kegiatan tersebut lebih didominasi oleh suguhan hiburannya jika dibandingkan dengan penyampaian pesan tertib lalu lintas.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Komunikasi, Sosialisasi , Lalu Lintas
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 350 Administrasi publik & ilmu militer > 352 Umum pertimbangan administrasi publik
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 21 Mar 2023 08:17
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11705

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.