Konseling Behavior dengan Teknik Penguatan Positif untuk Mengatasi Kebiasaan Berbohong pada Remaja (Studi di Desa Balekambang Kecamatan Mancak Kabupaten Serang Provinsi Banten)

Mustaliah, Ita (2023) Konseling Behavior dengan Teknik Penguatan Positif untuk Mengatasi Kebiasaan Berbohong pada Remaja (Studi di Desa Balekambang Kecamatan Mancak Kabupaten Serang Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520041_COVER.pdf

Download (189kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520041_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (613kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520041_BAB I.pdf

Download (332kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520041_BAlB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (549kB)
[img] Teks
S_BKI_181520041_BAlB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (218kB)
[img] Teks
S_BKI_181520041_BAlB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (406kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520041_BAlB V.pdf

Download (186kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520041_DAlFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Masa remaja adalah masa pencarian jati diri dengan berbagai cara, tingkah laku dan sifat yang kadang-kadang jika tidak terkontrol akan masuk dalam hal-hal yang negatif kebohongan remaja biasanya berakar dari keinginan tahu dan keinginan untuk bebas yang semakin memuncak dan usaha untuk tidak dimarahi atau dihukum oleh orang tuanya, kebiasaan berbohong pada remaja merupakan keinginan untuk bebas yang semakin memuncak dan usaha untuk tidak dimarahi atau dihukum oleh orang tuanya. Berdasarkan Latar Belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa faktor penyebab remaja berbohong di Desa Balekambang Kecamatan Mancak? 2) Bagaimana proses pelaksanaan konseling behavior dengan menggunakan Teknik penguatan positif untuk mengatasi kebiasaan berbohong di Desa Balekambang kecamatan Mancak? 3) Bagaimana hasil pelaksanaan konseling behavioral dengan menggunakan teknik penguatan positif untuk mengatasi kebiasaan berbohong di Desa Balekambang kecamatan Mancak? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui faktor penyebab remaja berbohong di Desa Balekambang. 2) Untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan konseling behavioral dengan teknik penguatan positif pada remaja yang memiliki kebiasaan berbohong didesa Balekambang. 3) Untuk mengetahui hasil konseling behavioral dengan teknik penguatan positif pada remaja yang memiliki kebiasaan berbohong didesa Balekambang. Metode yang digunakan adalah metode Metode kualitatif adalah studi subjektif yalng melakukan pengamatan langsung secara menyeluruh dan mendalam terhadap fenomenal Alam tertentu untuk memperoleh hasil yang akurat dalam bentuk sikap, tindakan, perilaku Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang di lakukan dapat disimpulkan: 1). faktor atau penyebab seorang remaja melakukan kebohongan yaitu hanya semata-mata dilakukan untuk mencari perhatian orang lain, ketika hal tersebut menjadi kebiasaan untuk mendapat simpati orang lain. 2). Didalam pelaksanaan terapi tersebut, konselor menggunakan tahap-tahap dalam pemberian penguatan yaitu, Asesment awall, membuat kesepakatan antara konselor daln konseli mengenali perilaku yang ingin diubah dan menetapkan jenis penguatan, lalu proses kegiatan konseli melakukan kegiatan sesuali dengan kesepakatan untuk mengubah perilaku yang diinginkan, ketikal perilaku yang diharapkan muncul, konselor memberikan reward untuk memperkuat perilaku tersebut agar menetap sampai kapan pun. 3).Hasil dari proses Konseling Behavior Dengan Teknik Penguatan Positif dapat dikatakan berhasil. Perilaku yang diharapkan konseli mulai terlihat, seperti konseli sudah aktif dalam pembelajaran juga dalam hal mengumpulkan tugas yang telah diberikaln oleh guru.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konseling Behavioral, Teknik Penguatan Positif, Berbohong, Remaja
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 20 Mar 2023 02:16
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 03:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11691

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.