Pola Pembinaan Pesantren Tahfidz Quran dalam Meningkatkan Mental Spiritual Santri (Studi di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Bany Salim Kramatwatu)

Hasanah, swatun (2023) Pola Pembinaan Pesantren Tahfidz Quran dalam Meningkatkan Mental Spiritual Santri (Studi di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Bany Salim Kramatwatu). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510025_COVER.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510025_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (485kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510025_BAB I.pdf

Download (235kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_191510025_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (345kB)
[img] Teks
S_KPI_191510025_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (102kB)
[img] Teks
S_KPI_191510025_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (302kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510025_BAB V.pdf

Download (137kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_191510025_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pembinaan mental spiritual bagi anak semakin terasa diperlukan terutama pada saat manusia di zaman modern dihadapkan pada masalah moral dan akhlak yang cukup serius. Pondok Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berada pada lingkungan masyarakat Indonesia dengan model pembinaan yang sarat dengan pendidikan nilai, baik nilai agama maupun nilai-nilai luhur bangsa. Sehingga pesantren menjadi sebuah lembaga yang sangat efektif dalam pengembangan pendidikan karakter (kepribadian) peserta didik. Rumusan masalah: 1) Bagaimana pola pembinaan pembinaan pesantren tahfidz Qur’an dalam meningkatkan mental spiritual santri? 2) Apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pola Pembinaan Pesantren Tahfidz Qur’an dalam Meningkatkan Mental Spiritual Santri?. Tujuan: Untuk Mengetahui Bagaimana Pola Pembinaan Pesantren Tahfidz Qur’an dalam Meningkatkan Mental Spiritual Santri dan Untuk Mengetahui apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pola Pembinaan Pesantren Tahfidz-Qur’an dalam Meningkatkan Mental Spiritual Santri. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian: Pola pembinaan yang dilakukan melalui pembinaan yang terprogram dengan baik pada aspek penekanan terhadap pembentukan mental spiritual seperti pendekatan Ibadah, pembelajaran pembinaan di bidang Qur’an, Ilmu fiqih, akidah dan akhlak. Adapun faktor pendukung dalam pola pembinaan mental spiritual santri yaitu lingkungan yang baik, tersedianya sarana dan prasarana, kemauan santri yang kuat, dan dukungan orang tua. Faktor penghambatnya yaitu metode yang monoton, dua fokus pembelajaran sekaligus dan keterbatasan waktu.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pola Pembinaan, Pesantren Tahfidz, Mental Spiritual
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 20 Mar 2023 02:07
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:08
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11690

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.