Penerapan Model Pembelajaran Example non Example dalam Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Studi di MA Ulumul Qur’an Kota Serang)

Aeni, Kurrota (2023) Penerapan Model Pembelajaran Example non Example dalam Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Studi di MA Ulumul Qur’an Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152101976_COVER.pdf

Download (112kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152101976_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152101976_BAB I.pdf

Download (265kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_152101976_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (673kB)
[img] Teks
S_PAI_152101976_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (354kB)
[img] Teks
S_PAI_152101976_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (337kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152101976_BAB V.pdf

Download (206kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152101976_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran example non example pembelajaran Akidah Akhlak dapat meningkatkan berfikir kritis siswa studi di MA Ulumul Qur’an Kota Serang, mengetahui apa saja faktor pendukung dalam penerapan pembelajaran example non example di MA Ulumul Qur’an Kota Serang, dan untuk mengetahui hambatan – hambatan dalam penerapan model pembelajaran example non exam ple studi di MA Ulumul Qur’an Kota Serang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda dan lima essay, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penerapan model pembelajaran example non example dikategorikan sangat baik. Terdapat lima indikator yang dipilih sebagai kriteria berfikir kritis siswa. 1) siswa mampu berargumen dan bertukar pendapat dengan temannya. 2) siswa dapat mencari tau materi tidak hanya dalam kelas tetapi pengalaman dalam kehidupan sehari-hari.3) memudahkan siswa dalam menjawab setiap soal yang disampaikan oleh guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan cara berfikir siswa yang dapat dilihat dari peningkatan keberhasilan pencapaian setiap indicator berfikir kritis siswa. Hal ini dilihat skor hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran mengalami peningkatan. Berdasarkan skor hasil belajar yang peroleh siswa dari nilai rata - rata 70 atau 20 siswa tuntas belajar dan siswa di kelas antusias dalam belajar. Adapun factor pendukung penerapan model pembelajaran example non example yaitu : infokus untuk menampilkan slide power point, kertas karton jika tidak ada infokus, dan motivasi guru agar siswa lebih semangat dalam proses pembelajaran. Jadi dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar setelah penerapan metode pembelajaran examples non examples yang yang terjadi adalah Sebesar 80 % yang artinya melalui penerapan model pembelajaran examples non examples mampu meningkatkan berfikir kritis siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Pembelajaran Example Non Example, Berfikir Kritis Siswa
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 08 Mar 2023 02:28
Perubahan Terakhir: 08 Mar 2023 03:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11584

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.