Analisis Perilaku Konsumtif Ibu Rumah Tangga Sebelum Dan Sesudah Adanya Marketplace (Studi Ibu Rumah Tangga Kampung Pasir Sawo Kecamatan Kresek)

Putihat, Titin (2023) Analisis Perilaku Konsumtif Ibu Rumah Tangga Sebelum Dan Sesudah Adanya Marketplace (Studi Ibu Rumah Tangga Kampung Pasir Sawo Kecamatan Kresek). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410054_COVER.pdf

Download (97kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410054_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (610kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410054_BAB I.pdf

Download (263kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_ES_181410054_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (458kB)
[img] Teks
S_ES_181410054_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (374kB)
[img] Teks
S_ES_181410054_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (397kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410054_BAB V.pdf

Download (151kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_181410054_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Konsumsi sangat penting bagi kehidupan seseorang untuk memenuhi kebutuhannya, akan tetapi jika konsumsi dilakukan dengan berlebihan yang hanya dilandasi dengan keinginan bukan kebutuhan akan menimbulkan perilaku konsumtif. Jika dahulu masyarakat terkhusus ibu rumah tangga ketika berbelanja harus mendatangi tempat perbelanjaan secara langsung, namun pada saat ini dengan berkembangnya teknologi yang sangat pesat, ibu rumah tangga kini diberi kemudahan dalam berbelanja, dengan menghadirkannya marketplace yang melakukan transaksi jual beli secara online. Hadirnya marketplace yang memberikan berbagai macam kemudahan dan tawaran-tawaran menarik bisa menimbulkan perilaku konsumtif ibu rumah tangga lebih tinggi dibandingkan sebelum adanya marketplace. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku konsumtif ibu rumah tangga sebelum dan sesudah menggunakan marketplace di Kampung Pasir Sawo Kecamatan Kresek. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif, pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga yang berada di Kampung Pasir Sawo Kecamatan Kresek yang berjumlah 130 orang dengan jumlah sampel yang diambil 57 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji t-test. Hasil uji (paired samples test) menunjukkan terdapat perbedaan antara perilaku konsumtif ibu rumah tangga di Kampung Pasir Sawo Kecamatan Kresek sebelum dan sesudah menggunakan marketplace, dengan nilai rata-rata sebesar 26,6491 (sebelum) dan 28,0351 (sesudah).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Perilaku konsumtif, ibu rumah tangga, marketplace.
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 331 Buruh ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 07 Mar 2023 07:40
Perubahan Terakhir: 07 Mar 2023 07:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11578

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.