Asmariyah, Asmariyah (2023) Peran Diferensiasi Produk dan Kualitas Produk Kuliner Pada Home Industry Terhadap Daya Saing Usaha. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_ES_181410067_Cover.pdf Download (169kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ES_181410067_Lampiran Depan.pdf Download (803kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ES_181410067_BAB I.pdf Download (653kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_ES_181410067_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (558kB) |
||
Teks
S_ES_181410067_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (479kB) |
||
Teks
S_ES_181410067_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (568kB) |
||
|
Teks
S_ES_181410067_BAB V.pdf Download (193kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ES_181410067_Daftar Pustaka.pdf Download (370kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Zaman semakin berkembang, kecanggihan teknologi terus menerus mengalami kemajuan, pada akhirnya berakibat pada usaha kecil maupun menengah yang harus berhadapan dengan usaha-usaha yang lebih maju. Produk kuliner yang sejenis sudah banyak diperjualbelikan namun, bagaimana cara para pelaku usaha melakukan strategi yang dapat menciptakan perbedaan dan produk yang lebih berkualitas di antara usaha lain. Dengan cara diferensiasi dan kualitas produk menjadi salah satu strategi yang efektif dalam memberikan berbagai penawaran yang dapat mencapai kebutuhan sesuai dengan selera konsumen. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Bagaimana strategi home industry Tumpeng Rumah Ola dalam melakukan penerapan diferensiasi dan kualitas produk kuliner terhadap daya saing usaha? 2). Bagaimana peran dari diferensiasi dan kualitas produk kuliner Tumpeng Rumah Ola terhadap persaingan sesama industri kuliner lainnya? Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaiftu 1). Untuk mengetahui strategi home industry Tumpeng Rumah Ola dalam melakukan penerapan diferensiasi dan kualitas produk kuliner terhadap daya saing usaha. 2). Untuk mengetahui peran dari diferensiasi dan kualitas produk kuliner Tumpeng Rumah Ola terhadap persaingan sesama industri kuliner lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu A. Strategi yang dilakukan dalam menerapkan diferensiasi produk yaitu: menampilkan atau dalam menyajikan produk yang berbeda dengan yang lain, pemilik usaha menuangkan segala ide kreatifnya dengan membuat sesuatu penampilan yang dapat menarik perhatian konsumen sedangkan dalam menciptakan cita rasa menjadi poin penting didalam usaha kuliner harus dengan langkah yang tepat supaya rasa yang dihasilkan tetap stabil. Sedangkan strategi dalam menerapkan kualitas produk adalah menggunakan bahan baku yang berkualitas seperti menggunakan bahan-bahan yang masih fresh, tidak mengurangi takaran, selalu mengutamakan cita rasa sehingga konsumen bisa menikmatinya dengan baik dan tidak bisa melupakan cita rasa yang dihasilkan. Serta produk yang dihasilkan memiliki tampilan atau nilai estetika sehingga konsumen penasaran dan tertarik untuk membeli. B. Peran diferensiasi dan kualitas produk adalah: Pertama, mampu meningkatkan kepuasan konsumen. Kedua, mampu bersaing dan mempertahankan keberlangsungan usaha.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Diferensiasi Produk, Kualitas Produk, Daya Saing Usaha |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 03 Mar 2023 03:06 |
Perubahan Terakhir: | 03 Mar 2023 03:07 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11567 |
Actions (login required)
Lihat Item |