Konseling Kelompok dengan Pendekatan Humanistik dalam Mengatasi Kemandirian pada Santri Baru di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Pandeglang

Lutfiah, Lutfiah (2023) Konseling Kelompok dengan Pendekatan Humanistik dalam Mengatasi Kemandirian pada Santri Baru di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520115_COVER.pdf

Download (103kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520115_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (929kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520115_BAB I.pdf

Download (254kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_BKI_181520115_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (446kB)
[img] Teks
S_BKI_181520115_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (216kB)
[img] Teks
S_BKI_181520115_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (375kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520115_BAB V.pdf

Download (152kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_BKI_181520115_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (512kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Problem remaja di antaranya disebabkan kurangnya kemandirian dalam menjalani kehidupannya. Namun bagi santri yang hidup dalam lingkungan pesantren, kemandirian sudah menjadi tuntutan hidup. Masalah kemandirian pada santri merupakan masalah yang paling sering terjadi, khususnya para santri-santri baru yang belum terbiasa dengan kehidupan pondok pesantren. berdasarkan hasil observasi masalah tersebut sering kali membuat santri tertekan sehingga mengakibatkan santri tidak semangat dalam mengaji atau belajar bahkan membuat santri menangis diam-diam dimalam hari akibat dari tekanan mandiri tersebut. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “1. Bagaimana kondisi kemandirian para santri baru di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Pandeglang?, 2. Bagaimana pelaksanaan konseling kelompok dengan pendekatan humanistik dalam mengatasi masalah kemandirian pada santri baru di pondok Pesantren Nurul Ikhlas Pandeglang? 3. Bagaimana hasil layanan konseling kelompok dengan pendekatan humanistik dalam mengatasi masalah kemandirian pada santri baru di pondok pesantren Nurul Ikhlas pandeglang?” Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui Bagaimana kondisi kemandirian para santri baru di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Pandeglang 2) untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan konseling kelompok dengan pendekatan humanistik dalam mengatasi masalah kemandirian pada santri baru di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Pandeglang. 3) untuk mengetahui hasil layanan konseling kelompok dengan pendekatan humanistik dalam mengatasi masalah kemandirian pada santri baru di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Pandeglang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, di mana penulis mendeskripsikan obyek kajian yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: Observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan jumlah klien 6 orang perempuan santri baru. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan: 6 orang perempuan santri baru dengan masalah kemandirian mengalami perubahan setelah dilakukan proses konseling kelompok dengan pendekatan humanistik. Hasil penelitian ini diketahui terdapat perubahan kemandirian dari 6 orang santri perempuan yang peneliti telah treatment, diantaranya tingkah laku yang sebelumnya belum mandiri dalam melaksanakan tanggung jawab di pesantren, maka sekarang sudah mampu mandiri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konseling Kelompok, Pendekatan Humanistik, Santri
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 01 Mar 2023 02:31
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 03:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11554

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.