Jannah, Siti Khoirul (2023) Pengembangan Video Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil IPA Belajar Peserta Didik Materi Sumber Energi Kelas IV MI Tanwirul Islam 02. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181920155_Cover.pdf Download (878kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181920155_Lampiran Depan.pdf Download (778kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181920155_BAB I.pdf Download (553kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181920155_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (893kB) |
||
Teks
S_PGMI_181920155_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (755kB) |
||
Teks
S_PGMI_181920155_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (880kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181920155_BAB V.pdf Download (194kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181920155_Dafar Pustaka.pdf Download (11kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media video mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi sumber energi. Hasil belajar merupakan realisasi potensial atau kapasitas yang dimiliki seseorang. Penguasaan hasil belajar seseorang dapat dilihat dari prilakunya, baik prilaku dalam bentuk penguasaan pengetahuan, keterampilan berfikir maupun keterampilan motorik. Video Mind mapping merupakan suatu teknik mencatat yang menggunakan kata-kata, warna, garis, simbol serta gambar dengan memadukan dan mengembangkan potensi kerja otak yang memudahkan seseorang untuk mengatur dan mengingat segala bentuk informasi. IPA adalah pengetahuan yang mempelajari, menjelaskan, serta menginvestigasi fenomena alam dengan segala aspeknya yang bersifat empiris. Model pengembangan ADDIE ini memiliki 5 tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implantation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Penelitian menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk ke dalam kriteria “sangat layak” dengan memperoleh skor sebesar 97% dari ahli materi, 87% dari ahli media. Adapun sebelum penerapan media video mind mapping hasil belajar peserta didik memperoleh rata-rata 71.11 sedangkan setelah penerapan media video mind mapping memperoleh rata-rata 88.75. Berdasarkan hasil tersebut peserta didik mengalami peningkatan dangan rata-rata 17.64 pada pembelajaran IPA materi sumber energi di kelas IV.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Hasil Belajar, Video Mind mapping, Materi IPA |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 27 Feb 2023 04:37 |
Perubahan Terakhir: | 27 Feb 2023 04:37 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11539 |
Actions (login required)
Lihat Item |