Lestari, Dian Ayu (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Pakosta (Papan Kosa Kata) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa (R&D di Kelas 1 SDN Pejaten 1 Keramatwatu Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240023_Cover.pdf Download (85kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240023_Lampiran Depan.pdf Download (823kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240023_BAB I.pdf Download (204kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240023_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (464kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240023_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (658kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240023_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (906kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240023_BAB V.pdf Download (98kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240023_Daftar Pustaka.pdf Download (172kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media pakosta (papan kosa kata) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa di kelas 1 SDN Pejaten 1 Keramatwatu Serang Banten. Penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi yang dilaksanakan oleh peneliti di SDN Pejaten 1 Keramatwatu Serang Banten. Pada saat observasi peneliti menemukan permasalahan yaitu rendahnya kemampuan membaca siswa. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada wali kelas mengenai kemampuan membaca siswa menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa masih rendah. Hal ini di latarbelakangi oleh terbatasnya media yang tersedia dan kurang bervariasi untuk mengajarkan kemampuan membaca permulaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dari ADDIE dengan 5 langkah yang digunakan yaitu: (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Perancangan), (3) Develop (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi) yang melibatkan 13 peserta didik sebagai partisipan dan para ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa media pakosta (papan kosa kata) dalam pembelajaran membaca permulaan melalui serangkaian uji coba, serta validasi dari para ahli dinyatakan layak untuk digunakan dengan persentase penilaian dari ahli media 95,38%, yang menunjukkan klasifikasi “Sangat Baik” dan persentase penilaian dari ahli materi 95,38%, yang menunjukkan klasifikasi “ Sangat Baik”. Berdasarkan hasil uji coba terhadap media pembelajaran yang dikembangkan, dapat dilihat dari hasil rata-rata pre-test adalah 64 dan post-test dengan rata-rata 89. Apabila diubah menjadi presentase, maka sebelum penerapan media pakosta (papan kosa kata) memperoleh 64%, sedangkan setelah penerapan media pakosta (papan kosa kata) memperoleh 89%. Berdasarkan hal tersebut, dapat dinyatakan bahwa hasil kemampuan membaca permulaan siswa mengalami peningkatan sebanyak 25%. Berdasarkan hasil skor tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran pakosta (papan kosa kata) layak digunakan sebagai media pembelajaran dan mampu untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengembangan Pakosta (Papan Kosa Kata), Kemampuan Membaca Permulaan, Siswa Sekolah Dasar |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 23 Feb 2023 08:19 |
Perubahan Terakhir: | 23 Feb 2023 08:34 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11528 |
Actions (login required)
Lihat Item |