Cahyani, Maulida Dwi (2023) Peran Komunitas Youth Hand dalam Pendampingan Belajar Anak Melalui Program Lapak Baca Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PMI_171380077_Cover.pdf Download (388kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PMI_171380077_Lampiran Depan.pdf Download (896kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PMI_171380077_BAB I.pdf Download (171kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PMI_171380077_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (483kB) |
||
Teks
S_PMI_171380077_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (435kB) |
||
Teks
S_PMI_171380077_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (453kB) |
||
|
Teks
S_PMI_171380077_BAB V.pdf Download (405kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PMI_171380077_Daftar Pustaka.pdf Download (741kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Merebaknya kekhawatiran terkait penyebaran Covid-19, dengan urgensi untuk menahan virus corona, banyak penyedia pendidikan telah menutup kelas tatap muka secara global dan menggantinya dengan melakukan pembelajaran dalam jaringan (daring). Terdapat banyak masalah yang timbul akibat adanya kebijakan ini, sehingga dengan adanya berbagai masalah tersebut, komunitas Youth Hand berinisiatif untuk melaksanakan program pendampingan belajar untuk anak, sehingga anak akan lebih bersemangat belajar dan meningkatkan kembali hasil belajar anak. Selain itu diharapkan program ini setidaknya dapat membantu para orangtua dari kesulitan memahami teknologi yang digunakan dalam pembelajaran daring. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu 1). Bagaimana kondisi Subjek Dampingan dalam Program Lapak Baca Komunitas Youth Hand? 2). Bagaimana Pelaksanaan Pendampingan Belajar Anak selama Pandemi Covid-19? 3). Bagaimana Efektivitas Pendampingan Belajar oleh Komunitas Youth Hand?. Adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu 1). Untuk mengetahui kondisi Subjek Dampingan dalam Program Lapak Baca Komunitas Youth Hand. 2). Untuk mengetahui Pelaksanaan Pendampingan Belajar Anak selama Pandemi Covid-19. 3). Untuk mengetahui Efektivitas Pendampingan Belajar oleh Komunitas Youth Hand. Dalam penelitian ini saya menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang ada di tempat penelitian. Sedangkan untuk teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kondisi sosial subjek dampingan program lapak baca secara umum menunjukan perilaku di mana mereka senang melakukan sesuatu secara berkelompok. Sedangkan pada kondisi pendidikan subjek dampingan dalam program Lapak Baca telah cukup baik. Pelaksanaan program Lapak Baca dilakukan melalui beraneka ragam kegiatan sesuai keinginan anak pada saat jadwal pelaksanaan. Tahapan dalam pelaksanaan program Lapak Baca terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kondisi setelah adanya kegiatan pendampingan belajar menunjukkan bahwa masyarakat cenderung merasa terbantu dengan adanya program lapak baca ini.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pembelajaran Daring, Pendampingan belajar, Pandemi Covid-19, Komunitas |
Subjek: | 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.1 Masyarakat Islam |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 17 Feb 2023 07:21 |
Perubahan Terakhir: | 25 Mar 2024 04:35 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11486 |
Actions (login required)
Lihat Item |