Nufus, Hayati (2023) Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Pembelajaran PAI (Penelitian Kualitatif di SDN Jangkar Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240031_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (60kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240031_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (951kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240031_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (232kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240031_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (427kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240031_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (487kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240031_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (325kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240031_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (156kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240031_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (160kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penanaman nilai-nilai moderasi beragama ini penting untuk dilakukan dari sekarang, sehingga siswa dapat memiliki sikap yang baik terhadap sesama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN Jangkar Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon. Pada penelitian ini, subjek penelitiannya adalah guru PAI dan Siswa Kelas V. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil jawaban angket yang diberikan kepaada siswa mengenai penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI, maka sudah terlihat bahwa dari keseluruhan jawaban siswa kelas V yang menjawab untuk pernyataan positif yaitu Sangat Setuju (Sangat Baik), Setuju (Baik), Kurang Setuju (Tidak Baik), Tidak Setuju (Sangat Tidak Baik) begitupun pernyataan negatif sebaliknya. Dari 4 indikator dalam moderasi beragama kebanyakan menunjukkan kategori yaitu Sangat Baik. Penanaman nilai-nilai moderasi beragama yang dilakukan oleh guru PAI maupun guru-guru lainnya dengan memberikan contoh dan sikap yang baik dengan sesama memberikan dampak yang baik bagi para siswa terlihat dari hasil angket tersebut.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Penanaman, Moderasi Beragama, PAI |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 17 Feb 2023 03:10 |
Perubahan Terakhir: | 17 Feb 2023 03:10 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11477 |
Actions (login required)
Lihat Item |