Strategi Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Persaingan Usaha di Pasar Tradisional Karangantu Banten

Ramadhan, Ferdi (2023) Strategi Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Persaingan Usaha di Pasar Tradisional Karangantu Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_171410195_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (103kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_171410195_LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (881kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_171410195_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (217kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_ES_171410195_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (419kB)
[img] Teks
S_ES_171410195_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (358kB)
[img] Teks
S_ES_171410195_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (563kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_171410195_BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (11kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_171410195_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Perkembangan ekonomi yang sangat pesat ini menimbulkan persaingan bisnis yang sangat tinggi. Dengan persaingan yang begitu tinggi para pelaku bisnis menggunakan segala cara untuk mendapatkan keuntungan, bahkan para pelaku bisnis sering mengabaikan etika dalam menjalankan bisnis. Pasar tradisional adalah sebuah tempat yang terbuka di mana terjadi proses transaksi jual beli, tawar menawar dan persaingan bisnis yang memungkinkan para pedagang mengabaikan etika dalam berbisnis yang sering terjadi di pasar tradisional. Hal ini peneliti memilih Pasar tradisional Karangantu Banten untuk dijadikan sebagai objek penelitian. Karena penulis ingin mengamati bagaimana strategi penerapan etika bisnis Islam di pasar tradisional Karangantu Banten dan ingin mengetahui sejauh mana penyelesaian masalah dalam persaingan usaha pada pedagang di pasar tradisional Karangantu Banten. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Bagaimana pemahaman etika bisnis Islam dalam persaingan usaha pada pedagang di pasar tradisional Karangantu Banten?. 2). Bagaimana penerapan etika bisnis Islam terhadap penyelesaian masalah dalam persaingan usaha pada pedagang di pasar tradisional Karangantu Banten? Tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui pemahaman etika bisnis Islam dalam persaingan usaha pada pedagang di pasar tradisional Karangantu Banten. 2). Untuk menjelaskan bagaimana pemahaman etika bisnis Islam terhadap penyelesaian masalah dalam persaingan usaha pedagang di pasar tradisional Karangantu Banten. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti sebagai instrumen kunci yang dilakukan secara trianggulasi (gabungan observasi, wawancara, dan dokumentasi), dengan mengumpulkan data dari lapangan yang berupa wawancara, dokumentasi dan cacatan hasil dari penelitian lapangan. Hasil penelitian secara umum, persaingan di pasar karangantu sendiri sudah cukup sehat akan tetapi masih ada sebagian kecil pedagang yang melakukan kecurangan-kecurangan dalam persaingan usaha yang mengakibatkan dampak yang merugikan bagi pedagang-pedagang lainnya. Dalam menyelesaikan masalah yang terjadi di Pasar Tradisional Karangantu dalam pandangan etika bisnis islam ada 4 yaitu Strategi Kolaborasi, Strategi Penghindaran, dan strategi Kompromi Berdasarkan analisis melalui matriks SWOT ada 3 tahap yaitu tahap input (Matriks IFE dan EFE), tahap pencocokan (Matriks IE), dan tahap Keputusan (Matriks QSPM). Berdasarkan hasil dari analisis IE mendapat 2 strategi yaitu strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan pasar dan produk. Dari hasil analisis QSPM strategi pengembangan pasar dan produk memiliki total skor daya tarik (TAS) sebesar 5,92 lebih besar dibandingkan dengan strategi penetrasi pasar yang memiliki total skor daya tarik (TAS) sebesar 5,86.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Etika Bisnis, Strategi Persaingan Usaha, Pasar Tradisional
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 15 Feb 2023 08:10
Perubahan Terakhir: 15 Feb 2023 08:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11452

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.