Pembinaan Dalam Membaca Al-Quran Dengan Metode Iqro Pada Siswa Kelas I Di SDN Nambo Ilir Kec. Kibin.Kab. Serang-Banten

Rosdianti, Mila (2023) Pembinaan Dalam Membaca Al-Quran Dengan Metode Iqro Pada Siswa Kelas I Di SDN Nambo Ilir Kec. Kibin.Kab. Serang-Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210149_Cover.pdf

Download (112kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210149_Lampiran Depan.pdf

Download (585kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210149_BAB I.pdf

Download (349kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_171210149_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (489kB)
[img] Teks
S_PAI_171210149_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (213kB)
[img] Teks
S_PAI_171210149_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (315kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210149_BAB V.pdf

Download (156kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210149_Daftar Pustaka.pdf

Download (145kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui kondisi membaca Al-Qur’an di SD Negeri Nambo Ilir Kecamatan Kibin Kabupaten Serang, untuk mengetahui keefektifan pembinaan dalam membaca Al-Qur’an dengan Metode Iqra pada siswa kelas I di SD Negeri Nambo Ilir kecamatan kibin kabupaten Serang dapat meningkatkan bacaan Al-Qur’an, untuk mengetahui faktor pendukung dan Penghambat dalam pelaksanaan pembinaan dalam membaca Al-Qur’an dengan Metode Iqra pada siswa kelas I di SDN Nambo Ilir kecamatan Kibin kabupaten Serang. Manfaat penelitian ini bagi penulis diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan peneliti tentang pembinaan metode iqra dan dapat mengamalkan ilmu tersebut dimanapun berada, bagi pengguna dengan adanya pembinaan metode iqra diharapkan dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membaca Al-Qur’an baik dan benar, bagi lembaga dapat dijadikan bahan penerapan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SD Negeri Nambo Ilir, bagi pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam penelitian ini diharapkan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan pembinaan selanjutnya. Pada proses penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas I SDN Nambo Ilir Kecamatan Kibin Kabupaten Serang. Sedangkan yang menjadi informan dalam penelitian ini yaitu: Kepala Sekolah, guru Pendidikan Agama Islam (PAI), wali kelas I A dan wali kelas I B, dan (delapan) peserta didik diantaranya (empat) siswa/i dari kelas I A dan (empat) siswa/i dari kelas I B. Teknik analisisnya Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyimpulan Data. Hasil penelelitian pembinaan dalam membaca Al-Quran dengan metode iqra ini dapat meningkatkan siswa dalam membaca Al-Quran yaitu dapat membedakan huruf hijaiyah dan menyambungkan huruf hijaiyah sehingga dapat membaca Al-Quran. Hal ini dapat dibuktikan dengan perubahan siswa setelah dilaksanakan pembinaan membaca Al-Quran dengan metode iqra. metode iqra ini akan efektif dan berpengaruh besar untuk siswa jika dilaksanakan secara berkelanjutan dalam pembelajaran. Faktor pendukung kegiatan ini yaitu adanya buku modul metode iqra, Faktor penghambat dalam pelasanaan yaitu sarana prasarana dan senangnya siswa siswi dalam bermain sehigga lupa giliran mengaji.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pembinaan, membaca Al-Quran, metode iqra
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Feb 2023 07:02
Perubahan Terakhir: 15 Feb 2023 07:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11448

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.