Huzairi, Huzairi (2023) Bias Gender Dalam Buku Pelajaran Aqidah Akhlak dan Fiqih (Analisis Konten Buku Aqidah Akhlak dan Fiqih Siswa MTs Kelas VIII Kurikulum 2013). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PAI_162010004_COVER.pdf Download (17kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_162010004_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (3MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_162010004_BAB I.pdf Download (563kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_PAI_162010004_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (428kB) |
||
Teks
T_PAI_162010004_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (356kB) |
||
Teks
T_PAI_162010004_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
T_PAI_162010004_BAB V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_162010004_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pada hakikatnya, Islam menempatkan laki-laki dan perempuan dalam kedudukan yang sama, yang membedakan ke-duanya hanyalah ketaqwaannya kepada Allah. Namun, dalam tataran empirik, prinsip persamaan ini berbeda antara normativitas dengan dimensi praktiknya. Penggambaran peran yang tidak setara antara laki-laki dan perempuan masih saja ditemukan dalam buku pegangan siswa. Kurikulum 2013 sebagai kurikulum terbaru yang telah mengalami tiga kali revisi ternyata masih memuat nilai-nilai bias gender. Bias gender tersebut disosialisasikan melalui gambar ilustasi dan teks cerita. Tesis ini mempertanyakan: 1.) Bagaimanakah Bentuk Bias Gender pada Buku Aqidah Akhlak siswa MTS Kelas VIII Kurikulum 2013? 2.) Bagaimanakah Bentuk Bias Gender pada Buku Fiqih siswa MTs Kelas VIII Kurikulum 2013, dan ? 3) Bagaimanakah Hasil Analisis konten Bias Gender yang terdapat dalam dua buku tersebut?. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, adalah pendekatan grounded theory dengan content analysis atau analisis isi. Berdasarkan penelitian, tesis ini menyimpulkan bahwa: 1) Buku Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa MTs kelas VIII, yang terdiri dari sebelas bab bentuk bias Gender jika dilihat baik dari sisi gambar, dalil maupun isinya dapat dinyatakan masih mengandung unsur biasnya. Begitu juga dalam buku Fiqih Siswa kelas VIII Kurikulum 2013, 2) Dalam buku ini terdiri dari tujuh Bab dan jika dilihat dari semua konten yang ada, maka bentuk bias gender justru hampir tidak terlalu banyak, sehingga 3) setelah dilakukan pembahasan hasil analisis dari dua buku tersebut, penulis menyimpulkan masih menemukan adanya bias-bias gender, baik dari segi gambar ilustrasi yang ditampilkan, dalil-dalil yang digunakan, dan pada konten isi materi. namun demikian masih dalam taraf kewajaran sehingga menurut penulis kedua buku ini masih layak dan tepat digunakan siswa sebagai buku pegangan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Gender Bias, Aqidah Akhlak, Fiqh and 2013 Curriculum |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 14 Feb 2023 04:28 |
Perubahan Terakhir: | 14 Feb 2023 04:28 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11432 |
Actions (login required)
Lihat Item |