Analisis Pola Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Kragilan

Khotimah, Nathia Nur (2023) Analisis Pola Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Kragilan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210022_Cover.pdf

Download (54kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210022_Lampiran Depan.pdf

Download (738kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210022_BAB I.pdf

Download (554kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210022_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (571kB)
[img] Teks
S_PAI_181210022_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (296kB)
[img] Teks
S_PAI_181210022_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (519kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210022_BAB V.pdf

Download (11kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210022_Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1. untuk menganalisis pola pembelajaran tatap muka terbatas pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kragilan. 2. untuk mengetahui dampak pola pembelajaran tatap muka terbatas pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kragilan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembelajaran tatap muka terbatas pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kragilan dilakukan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan menentukan jumlah hari dan jam pelajaran secara shift, serta membuat RPP. Pada pelaksanaan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, dan sistem shift yang dibagi 2 sesi, jumlah siswanya maksimal 18 orang per kelas. Pelaksanaannya juga dilakukan dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Waktu yang diberikan terbatas, sehingga materi yang disampaikan hanya materi esensial atau poin-poin pentingnya saja. Pada evaluasi dilakukan dengan tiga penilaian. Penilaian sikap dilakukan dengan penilaian observasi. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan tes lisan. Dan penilaian keterampilan dilakukan dengan penilaian proyek. Sedangkan dampak postif dari penerapan pola pembelajaran tatap muka terbatas pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kragilan, yaitu dapat memudahkan proses pembelajaran PAI, mengembalikan interaksi guru dan siswa, serta meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa. Sedangkan dampak negatifnya, membuat aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran terbatas. Guru harus memadatkan muatan materinya dan hanya menyampaikan materi esensialnya saja. Siswa juga kesulitan menyelesaikan catatannya ketika di kelas, dan juga ada beberapa siswa masih kesulitan memahami dan menguasai materi pembelajaran PAI.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): PAI, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 10 Feb 2023 04:09
Perubahan Terakhir: 10 Feb 2023 04:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11403

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.