Pengaruh Metode Everyone is a Teacher Here terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI (Studi Kasus di SMP PGRI Kopo Kabupaten Serang)

Saniah, Siti (2023) Pengaruh Metode Everyone is a Teacher Here terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI (Studi Kasus di SMP PGRI Kopo Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210098_Cover.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210098_Lampiran Depan.pdf

Download (973kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210098_BAB I.pdf

Download (292kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210098_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (380kB)
[img] Teks
S_PAI_181210098_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (476kB)
[img] Teks
S_PAI_181210098_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (457kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210098_BAB V.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210098_Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pelaksanaan pembelajaran di sekolah tentu tidak selalu berjalan lancar, masih terdapat beberapa kendala yang harus dihadapi dan dicari jalan keluarnya. Salah satu kendala yang sering terjadi yaitu kurangnya kepercayaaan diri peserta didik. Hal tersebut disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan masih cenderung monoton sehingga mengakibatkan peserta didik pasif saat pembelajaran di dalam kelas. Salah satu kunci untuk mengatasi rendahnya kepercayaan diri peserta didik saat pembelajaran PAI yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran Everyone is a Teacher Here. Oleh karena itu, peneliti berinisiatif menerapkan metode Everyone is a Teacher Here pada pembelajaran PAI untuk menumbuhkan kepercayaan diri peserta didik. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode Everyone is a Teacher Here dalam pembelajaran PAI di SMP PGRI Kopo Kabupaten Serang?; 2)Bagaimana kepercayaan diri peserta didik pada pembelajaran PAI di SMP PGRI Kopo Kabupaten Serang?; 3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan metode Everyone is a Teacher Here terhadap kepercayaan diri peserta didik pada pembelajaran PAI di SMP PGRI Kopo Kabupaten Serang?. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Pada penelitian ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket awal dan angket akhir, serta lembar observasi kepercayaan diri peserta didik dan lembar keterlaksanaan penerapan metode Everyone is a Teacher Here. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil lembar observasi keterlaksanaan penerapan metode Everyone is a Teacher Here memiliki persentase rata-rata sebesar 87,5% yaitu termasuk kategori sangat baik; 2) Berdasarkan hasil penyebaran angket awal pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diketahui hasil persentase rata-rata penyebaran angket awal secara berturut-turut yaitu 69,92% dan 67,32% dan termasuk dalam kategori cukup percaya diri; 3) Terdapat pengaruh metode Everyone is a Teacher Here terhadap kepercayaan diri peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP PGRI Kopo kabupaten Serang, berdasarkan hasil angket diketahui bahwa persentase rata-rata angket akhir pada kelas eksperimen yaitu sebesar 73,4% dan kelas kontrol sebesar 67,8%. Kemudian, melalui hasil observasi kepercayaan diri peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol memiliki persentase rata-rata sebesar 80,13% dan 64,8%. Dibuktikan melalui uji independent samples test yang telah dilakukan, berdasarkan hasil uji t tersebut, diketahui bahwa nilai sig.(2-tailed) memiliki nilai sebesar 0,037 yang berarti 0,037 < 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Everyone is a teacher here, Kepercayaan diri
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 10 Feb 2023 02:56
Perubahan Terakhir: 10 Feb 2023 02:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11399

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.