Suenah, Suenah (2023) Implementasi Metode Pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMP N 2 Kragilan Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210047_Cover.pdf Download (27kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210047_Lampiran Depan.pdf Download (876kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210047_BAB I.pdf Download (244kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210047_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (490kB) |
||
Teks
S_PAI_181210047_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (40kB) |
||
Teks
S_PAI_181210047_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (121kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210047_BAB V.pdf Download (110kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210047_Daftar Pustaka.pdf Download (223kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Kragilan Kabupaten Serang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengunakan jenis field research yaitu penelitian lapangan. pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisa data yang dilakukan adalah analisis deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitiannya ialah, dalam implementasi metode pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Kragilan Kabupaten Serang terdapat beberapa tahapan yaitu Pertama, tahap perencanaan berupa pembuatan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran). Kedua tahap pelaksanaan, yaitu terdapat beberapa kegiatandiantaranya: (1) Kegiatan awal seperti berdoa, absensi, pemberian motivasi, menjelaskan manfaat dari pembelajaran, menjelaskan metode yang akan digunakan, dan menjelaskan garis besar materi yang akan dipelajari. (2) Kegiatan inti, yaitu peserta didik dibentuk kedalam beberapa kelompok kecil untuk melakukan small discussion, kemudian peserta didik ditugaskan untuk memecahkan permasalahan yang telah disajikan sesuai dengan langkah-langkah metode Creative Problem Solving diantaranya klarifikasi masalah, brainstorming, evaluasi dan seleksi, serta implementasi. Setelah diskusi selesai selanjutnya perwakilan dari masing-masing kelompok mempresentasikan hasil dari diskusi dan kelompok lainnya memberikan tanggapan. (3) Kegiatan akhir, yakni guru bersama peserta didik mengkaji ulang dan menyimpulkan materi, dilanjutkan dengan pemberian apresiasi dan ditutup doa. Ketiga, tahap evaluasi pembelajaran yaitu guru bersama peserta didik mengulas kembali materi pelajaran yang telah dilakukan, guru juga menanyakan secara lisan dengan mengulang kembali hal-hal terkait pembelajaran. Pada saat implementasi metode CPS terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat selain itu metode CPS juga memiliki keunggulan didalamnya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode pembelajaran, Creative Problem Solving |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 10 Feb 2023 02:38 |
Perubahan Terakhir: | 10 Feb 2023 02:38 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11398 |
Actions (login required)
Lihat Item |