Penerapan Metode Pembelajaran Amtsal Pada Materi Al- Quran Hadis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Eksperimen MTs Al- Khairiyah Sirongge Mancak)

Rohmawati, Devi (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Amtsal Pada Materi Al- Quran Hadis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Eksperimen MTs Al- Khairiyah Sirongge Mancak). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210038_Cover.pdf

Download (107kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210038_Lampiran Depan.pdf

Download (608kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210038_BAB I.pdf

Download (279kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210038_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (530kB)
[img] Teks
S_PAI_181210038_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (306kB)
[img] Teks
S_PAI_181210038_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (313kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210038_BAB V.pdf

Download (119kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210038_Daftar Pustaka.pdf

Download (144kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk :Mengetahui Penerapan Metode konvensional pada Materi Al-Quran Hadis Di MTs Al- Khairiyah Sirongge Mancak. Mengetahui hasil belajar pada materi Al-Quran Hadis Di MTs Al- Khairiyah Sirongge Mancak. Mengetetahui penerapan metode pembelajaran amtsal (Perumpamaan) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al-Quran Hadis Di MTs Al-Khairiyah Sirongge Mancak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif metode Quasi experimental, Design penelitian menggunakan quasi eksperimen design yaitu nonequivalent group design. Variabel peneliti yaitu terdiri dari variabel bebas yaitu metode pembelajaran amtsal dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Sampel penelitian yaitu kelas VIII A 20 siswa kelas eksperimen dan kelas VIII B 20 siswa kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol menggunakan teknik Purposive sampling . Instrumen yang digunakan yaitu obsesrvasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data untuk hasil belajar menggunakan beberapa tahap yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode pembelajaran amtsal pada materi Al-Qur’an Hadis di MTs Al- Khairiyah Sirongge dapat digunakan dengan baik, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al- Quran Hadis di MTs Al- Khairiyah Sirongge setelah diterapkannya metode pembelajaran amtsal memberikan perubahan hasil belajar yang signifikan, Penerapan metode pembelajaran amtsal untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al- Quran Hadis terdapat peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran amtsal pada mata pelajaran Al- Quran Hadis. Berdasarkan hasil analisis belajar menggunakan tes menunjukan bahwa skor kelas eksperimen dan kontrol menggunakan uji- t yaitu t ˃ t yaitu = 4,59 1,685 maka hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis (Ho) ditolak hal ini terdapat perbedaan yang signifikan metode Amtsal terhadap hasil belajar kelas VIII MTs Al-Khairiyah Sirongge Mancak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Amtsal, Hasil Belajar, Al – Qur’an Hadits
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 10 Feb 2023 02:10
Perubahan Terakhir: 10 Feb 2023 02:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11395

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.