Pengembangan Strategi Peningkatan Kompetensi Sikap Religius Siswa Pengaruhnya Terhadap Pembiasaan Pengucapan Kalimat Thayyibah di SMAN 8 Kota Serang

Maulana, Ahmad Farhan (2023) Pengembangan Strategi Peningkatan Kompetensi Sikap Religius Siswa Pengaruhnya Terhadap Pembiasaan Pengucapan Kalimat Thayyibah di SMAN 8 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210147_Cover.pdf

Download (53kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210147_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210147_BAB I.pdf

Download (276kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210147_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (359kB)
[img] Teks
S_PAI_181210147_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (468kB)
[img] Teks
S_PAI_181210147_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (604kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210147_BAB V.pdf

Download (61kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210147_Daftar Pustaka.pdf

Download (182kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan strategi peningkatan kompetensi sikap religius siswa di SMAN 8 Kota Serang, untuk mengetahui penerapan pembiasaan pengucapan kalimat thayyibah di SMAN 8 Kota Serang dan untuk mengetahui pengembangan strategi peningkatan kompetensi sikap religius siswa perngaruhnya terhadap pembiasaan pengucapan kalimat thayyibah di SMAN 8 Kota Serang dan manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan evaluasi bagi guru dalam meningkatkan pembelajaran PAI agar kedepannya semakin lebih baik, bagi lembaga diharapkan dapat digunakan sebagai rujukan untuk penelitian pengembangan selanjutnya dan dapat memberikan kontribusi yang baik bagi jurusan PAI sebagai tujuan akademisi, dan bagi pengembang ilmu diharapkan bisa menjelaskan kendala untuk meningkatkan kompetensi sikap religius siswa melalui pembiasaan pengucapan kalimat thayyibah dan berguna bagi penelitian selanjutnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan model 4D Thiagarajan yang terdiri dari empat langkah yaitu: pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebarluasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dokumentasi, penilaian teman sejawat dan angket atau lembar validasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pengembangan strategi peningkatan kompetensi sikap religius siswa SMAN 8 Kota Serang dilakukan sesuai dengan pedoman yang digunakan oleh sekolah yaitu Kurikulum 2013 terbaru dan Dokumen 1 KTSP yang telah dibuat oleh sekolah, kemudian strategi yang dipakai adalah strategi pembiasaan yang dikembangkan dengan mengarahkan sikap religius dan memberikan tugas-tugas kepada siswa dengan fasilitas yang tersedia di sekolah. Penerapan pembiasaan pengucapan kalimat thayyibah di SMAN 8 Kota Serang dilakukan berdasarkan pedoman sekolah, karena telah termaktub dalam KI-1 tentang kompetensi sikap spiritual/religius. Penerapannya hanya berbentuk poin bila terdapat siswa yang melanggar akan dikenakan teguran dan pemanggilan orang tua. Pengembangan strategi ini dilakukan untuk mengembangkan strategi yang digunakan oleh Guru PAI dengan membuat strategi baru berbentuk strategi pembelajaran disiplin bagi siswa yang bernama Strategi SIAP (Sosialisasi, Interaksi, Aksi dan Penerapan). Hasil dari validasi yang dilakukan oleh validator menunjukkan bahwa strategi ini layak untuk digunakan di sekolah. Kemudian pada penelitian ini, dengan menggunakan penilaian teman sejawat untuk mengukur tingkat keberhasilan produk, diperoleh hasil dengan total rata-rata 3,79 dan termasuk dalam kategori baik. Dalam hal ini, Penggunaan strategi SIAP di SMAN 8 Kota Serang dapat meningkatkan sikap religius siswa dan dapat menjadikan siswa semakin agamis dari perilaku pembiasaan pengucapan kalimat thayyibah dengan adanya aturan disiplin dalam strategi SIAP.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Peningkatan Kompetensi Sikap Religius dan Kalimat Thayyibah
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 10 Feb 2023 01:54
Perubahan Terakhir: 10 Feb 2023 01:54
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11393

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.