Mubasyaroh, Mubasyaroh (2023) Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Karakter Disiplin Peserta Didik (Studi di MTs Al-Bustaniyah Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210198_COVER.pdf Download (103kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210198_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (451kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210198_BAB I.pdf Download (428kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210198_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (460kB) |
||
Teks
S_PAI_181210198_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (588kB) |
||
Teks
S_PAI_181210198_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (515kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210198_BAB V.pdf Download (82kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210198_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui tingkat kecerdasan spiritual peserta didik di MTs Al-Bustaniyah Kota Cilegon, mengetahui karakter disiplin peserta didik di MTs Al-Bustaniyah Kota Cilegon, dan menganalisis pengaruh kecerdasan spiritual terhadap karakter disiplin peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Bustaniyah Kota Cilegon, metode yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Sampel dalam penelitian ini adalah 61 peserta didik sebagai responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap karakter disiplin peserta didik di MTs Al-Bustaniyah Kota Cilegon tahun ajaran 2022/2023. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (22,590 > 2,00100) dan tingkat signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Serta nilai koefisien korelasi sebesar sebesar 0,947 yang berarti tingkat hubungan antara variabel ialah sangat kuat karena terletak pada interval 0,80 – 0,1000. Dan adapun untuk hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,896 atau 89,6%,. Hal tersebut menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual berpengaruh sebesar 89,6% terhadap karakter disiplin peserta didik, sedangkan sisanya sebesar 10,4% dijelaskan oleh faktor ataupun variabel-variabel lain di luar penelitian.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kecerdasan Spiritual, Karakter Disiplin, Peserta Didik. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 09 Feb 2023 08:26 |
Perubahan Terakhir: | 09 Feb 2023 08:26 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11391 |
Actions (login required)
Lihat Item |