Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Minat Belajar Siswa (Studi di MTs Nur Et-Taqwa Kab. Serang)

Apriani, Neni (2023) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Minat Belajar Siswa (Studi di MTs Nur Et-Taqwa Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210092_Cover.pdf

Download (12kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210092_Lampiran Depan.pdf

Download (484kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210092_BAB I.pdf

Download (179kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210092_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (347kB)
[img] Teks
S_PAI_181210092_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (487kB)
[img] Teks
S_PAI_181210092_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (680kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210092_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210092_Daftar Pustaka.pdf

Download (150kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap minat belajar siswa di MTs Nur Et-Taqwa kab. Serang. Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan terkait minat belajar siswa yang kurang ketika mengikuti pelajaran fiqih di dalam kelas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen kuasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner (angket) dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nur Et-Taqwa. Hasil dari penelitian ini ditunjukkan dari nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 67,5. Setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 102,6. Sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 68,9 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 62,4. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap minat belajar siswa (Studi di MTs Nur Et-Taqwa Kab. Serang).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pembelajaran berbasis masalah, minat belajar siswa
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 09 Feb 2023 03:54
Perubahan Terakhir: 09 Feb 2023 03:54
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11369

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.