Meilinda, Lia (2023) تطوير الكتاب المدرسي في موضوع أنواع الأفعال في تعليم علم النحو (بحث تطويري في الصف السابع بمدرسة مشارق الأنوار المتوسطة الإسلامية بانديجلانج بنتن). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PBA_202650006_Cover.pdf Download (83kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PBA_202650006_Lampiran Depan.pdf Download (925kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PBA_202650006_BAB I.pdf Download (170kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_PBA_202650006_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (255kB) |
||
Teks
T_PBA_202650006_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (147kB) |
||
Teks
T_PBA_202650006_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (3MB) |
||
|
Teks
T_PBA_202650006_BAB V.pdf Download (62kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PBA_202650006_Daftar Pustaka.pdf Download (125kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Masyariqul Anwar terdapat berbagai kesulitan. 30 siswa yang menganggap bahasa Arab sebagai hal ل yang menyulitkan bagi siswa pemula yang baru mengenal pembelajaran bahasa Arab dan sumber bahan ajarnya menggunakan bahasa Arab tanpa bahasa perantara, khususnya buku ilmu nahwu. Jadi pertanyaannya adalah, bagaimana cara mengembangkan buku teks tentang ilmu nahwu agar dapat dipahami siswa sebagai sumber pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kondisi real bahan ajar tentang macam-macam fi’il, untuk mengetahui cara mengembangkan buku teks tentang macam-macam fi’il, untuk mengetahui sejauh mana efektifitas pengembangan penggunaan buku teks pada mata pelajaran macam-macam fi’il dan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan buku teks sebelum dan sesudah dikembangkan pada mata pelajaran macam-macam fi’il kelas VII MTs Masyariqul Anwar Pandeglang Banten terhadap pengajaran ilmu nahwu. Adapun teori pengembangan yang digunakan adalah Borg and Gall yang memuat sepuluh langkah tapi yang digunakan hanya enam langkah. Adapun alat penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara serta pre-test dan post-test. Hasil tersebut muncul setelah penerapan buku teks ilmu nahwu dalam penelitian yang diujikan dengan post-test lebih besar dari pre-test yaitu: 76% lebih besar dari 53% Singkatnya, pengembangan dan penerapan buku teks tentang macam-macam fi’il memiliki keefektifan yang besar terhadap pembelajaran ilmu nahwu siswa kelas VII MTs Masyariqul Anwar Pandeglang Banten.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengembangan, Buku teks, Pengajaran Ilmu Nahwu |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Magister > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 08 Feb 2023 08:12 |
Perubahan Terakhir: | 29 Mei 2024 08:12 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11344 |
Actions (login required)
Lihat Item |