Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Google Classroom Pada Mata Pelajaran PAI ( Studi di kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Pabuaran Kabupaten Serang)

Purnamasari, Intan (2023) Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Google Classroom Pada Mata Pelajaran PAI ( Studi di kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Pabuaran Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210053_Cover.pdf

Download (109kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210053_Lampiran Depan.pdf

Download (579kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210053_BAB I.pdf

Download (229kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_171210053_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (398kB)
[img] Teks
S_PAI_171210053_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (204kB)
[img] Teks
S_PAI_171210053_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (364kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210053_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_171210053_Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dengan menggunakan google classroom pada mata pelajaran PAI di kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Pabuaran Serang Banten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang memfokuskan pada kegiatan-kegiatan mengidentifikasi, mendokumentasikan, dan mengetahui dengan interpretasi secara mendalam gejala-gejala, nilai, makna, keyakinan dan karakteristik umum seseorang atau kelompok masyarakat tentang peristiwa-peristiwa kehidupan. Teknik ini digunakan untuk mendapat gambaran dan penjelasan secara detail dan menyeluruh terhadap data-data yang ada. Dimana pengambilan data dilakukan dengan proses pendekatan terhadap subjek secara lebih mendalam, dibantu dengan tinjauan literatur yang sudah ada sebelumnya. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa proses pembelajaran daring dengan menggunakan google classroom ini sudah efektif diterapkan pada mata pelajaran PAI kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Pabuaran meliputi beberapa perencanaan dimulai dari persiapan membuat WAG (WhatsApp Group), membuat link kelas pada google classroom, file materi untuk bahan diskusi, powerpoint, pembuatan googleform untuk tugas dilanjut dengan evaluas, efektivitas pembelajaran pembelajaran daring dengan menggubakan google classroom pada mata pelajaran PAI kelas XII IPA 4 dapat dilihat dari keaktifan dan hasil pembelajaran siswa yang meningkat melalui pemberian tugas. Hal ini dikarenakan pembelajaran daring dengan menggunakan google classroom pada mata pelajaran PAI dapat dengan mudah diakses baik oleh guru maupun peserta didik sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Adapun kendala yang dialami yaitu kekurangan sarana dan prasarana seperti ponsel, komputer dan jaringan internet sedangkan upaya yang dilakukan antara lain: memaksimalkan sumber daya yang ada, membuat rancangan pembelajaran yang mudah diakses oleh siswa, serta memilih aplikasi sesuai dengan kondisi dan kemampuan siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Efektivitas Pembelajaran, Google classroom, Pembelajaran Daring
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 03 Feb 2023 09:05
Perubahan Terakhir: 03 Feb 2023 09:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11271

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.