Analisis Video dakwah di aplikasi Tiktok dalam penanaman nilai-nilai pendidikan islam (Studi kasus di SMP Negeri 2 Cikupa)

Aryani, Efa Nofita (2023) Analisis Video dakwah di aplikasi Tiktok dalam penanaman nilai-nilai pendidikan islam (Studi kasus di SMP Negeri 2 Cikupa). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210040_Cover.pdf

Download (29kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210040_Lampiran Depan.pdf

Download (876kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210040_BAB I.pdf

Download (287kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210040_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (575kB)
[img] Teks
S_PAI_181210040_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (254kB)
[img] Teks
S_PAI_181210040_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (564kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210040_BAB V.pdf

Download (99kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210040_Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui model-model video dakwah di aplikasi tiktok, mengetahui ketertarikan peserta didik terhadap dakwah di aplikasi Tiktok, mengetahui penanaman nilai-nilai pendidikan islam di SMP Negeri 2 Cikupa, mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam penanaman nilai-nilai pendidikan islam melalui video dakwah di aplikasi Tiktok, mengetahui solusi mengatasi hambatan dalam penanaman nilai pendidikan islam melalui video dakwah di aplikasi Tiktok, mengetahui hasil pemahaman dari penanaman nilai-nilai pendidikan islam melalui video dakwah di aplikasi Tiktok. Metode penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian lapangan dengan menerapkan pendekatan kualitatif. Yang dimana kita ketahui pendekatan kualitatif ini merupakan suatu metode penelitian yang sering di sebut dengan sebuah penelitian naturalistic karena penelitianya itu bersifat alami tanpa rekayasa (natural setting). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah macam-macam video dakwah di aplikasi Tiktok terdapat 5 macam; Video dakwah berupa ceramah, Video dakwah berupa text, video dakwah berupa dialog drama, video dakwah memperagakan, video dakwah konten lucu. Ketertarikan peserta didik terhadap menonton video dakwah di aplikasi Tiktok dinilai kurang, karena peserta didik cemderung lebih sering menonton video hiburan lain di aplikasi Tiktok, Penanaman nilai-nilai pendidikan islam di SMP Negeri 2 Cikupa dinilai cukup baik, hal ini dibuktikan dengan banyaknya kegiatan islam di sekolah tersebut yakni; IMTAQ, pembiasaan salat duha berjamaah, pembiasaan Infaq. faktor penghambat dan pendukung dalam penanaman nilai-nilai pendidikan islam melalui video dakwah di aplikasi Tiktok, terdapat faktor internal dan eksternal. Adapun solusi dalam mengatasi hambatan penanaman nilai-nilai pendidikan islam melalui video dakwah di aplikasi Tiktok, memerlukan peran dari berbagai pihak, baik peran pendidik, peran orang tua, peran pendakwah, dan peran peserta didik itu sendiri. Hasil pemahaman dari penanaman nilai-nilai pendidikan islam melalui video dakwah di aplikasi Tiktok meliputi, penanaman nilai-nilai moralitas dan nilai-nilai ibadah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Video Dakwah aplikasi Tiktok, Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 03 Feb 2023 07:47
Perubahan Terakhir: 03 Feb 2023 07:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11261

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.