Pengembangan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Bilangan Asli (R&D di Kelas II SDN Neglasari Kec. Cinangka)

Melawati, Melawati (2023) Pengembangan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Bilangan Asli (R&D di Kelas II SDN Neglasari Kec. Cinangka). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240139_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (101kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240139_Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (832kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240139_Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (115kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240139_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (348kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240139_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_181240139_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (706kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240139_Bab V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (134kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240139_Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (156kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Media Gambar untuk menghitung perkalian bilangan asli peserta didik kelas II di SDN Neglasari Kec. Cinangka. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dari model pengembangan S. Thiagarajan. Yang memiliki 4 tahapan pengembangan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Media yang dikembangan di validasi oleh ahli materi dan ahli media sebelum melakukan uji coba lapangan awal terhadap peserta didik. Adapun data yang dikumpulkan menggunakan angket ahli materi, angket ahli media, angket guru kelas II, angket peserta didik, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknis analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi mendapatkan skor 44 dengan presentase 80% dengan kriteria “baik”, validasi ahli media mendapatkan skor 37 dengan presentase 74% dengan kriteria “cukup” dan validasi guru kelas II mendapatkan skor 99 dengan presentase 94% dengan kriteria “Sangat Baik”. Adapun hasil uji coba lapangan awal mendapatkan jumlah dengan presentase 90% - 100% dengan kriteria “Sangat Baik”. Secara keseluruhan media pembelajaran Media Gambar sudah layak digunakan untuk memudahkan menghitung perkalian bilangan asli pada peserta didik yang mengalami kesulitan menghitung perkalian berdasarkan pengamatan secara langsung Media Gambar ini memudahkan peserta didik untuk belajar perkalian. Berdasarkan hasil pre-test sebelum menggunakan media gambar dan post-test menggunakan media gambar memperoleh nilai rata-rata 0,897738095 dengan kriteria tinggi. Dan memperoleh skor presentase N-Gain 89,7739 dengan kategori efektif. Maka media pembelajaran ”Media Gambar” sudah efektif digunakan untuk siswa dalam meningkatkan hasil belajar perkalian bilangan asli.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Gambar, Kemampuan Menghitung Perkalian, Peserta Didik
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 03 Feb 2023 03:44
Perubahan Terakhir: 03 Feb 2023 03:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11247

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.