Sepiana, Ega (2023) Pengembangan Media Pop Up Book Kontekstual Berbasis Budaya Lokal Bogor untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Tema Keberagaman Budaya Bangsaku (R&D di Kelas IV SDN Kertajaya 03 Desa Mekarsari Rumpin Kabupaten Bogor). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_18240018_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (59kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_18240018_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (774kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_18240018_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (192kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_18240018_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (328kB) |
||
Teks
S_PGMI_18240018_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (279kB) |
||
Teks
S_PGMI_18240018_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (455kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_18240018_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (92kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_18240018_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (153kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pop up book ragam budaya lokal Bogor, untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SD, dan untuk mengetahui bagaimana kelayakan, dan keefektifan media pop up book keberagaman budaya bangsaku dengan pendektan budaya lokal Bogor untuk meningkatkan pemahaman siswa di kelas IV SDN Kertajaya 03 yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau R&D dengan model 4D. Pengembangan 4D memiliki 4 tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dengan menggunakan rubrik penilaian sebelum melakukan uji coba awal terhadap siswa. Berdasarkan penilaian ahli materi, bahwa produk sangat layak untuk uji coba lapangan dengan mendapatkan nilai 56 dengan persentase 93% (sangat layak) dan penilain ahli media, bahwa produk sangat layak untuk uji coba lapangan dengan mendapatkan nilai 88 dengan persentase 88% (sangat layak). Hasil uji coba pengembangan mendapatkan jumlah rata-rata pengetahuan siswa 78 (efektif). Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil dari keterlaksanaan pembelajaran Media Pop Up Book kontekstual berbasis budaya lokal bogor mampu meningkatkan pemahaman siswa, dan aspek-aspek secara keseluruhan telah terlaksana dengan baik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengembangan Pop Up Book, Pembelajaran IPS, Budaya Lokal Bogor, Pemahaman Siswa |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 03 Feb 2023 03:00 |
Perubahan Terakhir: | 03 Feb 2023 03:00 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11242 |
Actions (login required)
Lihat Item |