Mardiyah, Siti Laelatul (2023) Pengembangan Media Pembelajaran MIKI (Miniatur Kebudayaan Indonesia) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar (R&D di Kelas IV SDN Unyur Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240086_COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (102kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240086_LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (814kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240086_BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (317kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240086_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (446kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240086_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (656kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240086_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (624kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240086_BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (291kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240086_DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (296kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran MIKI (Miniatur Kebudayaan Indonesia) untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Unyur Kabupaten Serang. Peneliti menggunakan metode Research and Development menurut Robert Maribe Brach yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian, penilaian validasi ahli media memperoleh skor 53 dengan persentase 94,64% kategori “Sangat Layak”, ahli materi mendapatkan skor sebesar 44 dengan persentase 91,66% kategori “Sangat Layak”, ahli pembelajaran memperoleh skor 32 dengan persentase 100% kategori “Sangat Layak”, uji coba kelompok kecil memperoleh skor 299 dengan persentase 93,43% kategori “Sangat Layak”, uji coba lapangan memperoleh skor 773 dengan persentase 96,62% kategori “Sangat Layak”. Sedangkan hasil pretest dan posttest menggunakan rumus N-Gain memperoleh nilai rata-rata sebesar 0,5 dengan persentase 100% kategori “Sedang”. Dari hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran MIKI (Miniatur Kebudayaan Indonesia) sangat layak digunakan pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran MIKI, Hasil Belajar |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 03 Feb 2023 01:25 |
Perubahan Terakhir: | 03 Feb 2023 01:25 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11236 |
Actions (login required)
Lihat Item |