Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Heyzine Flipbooks untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP IT Al-Mursi Tangerang

Sirozudin, Sirozudin (2023) Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Heyzine Flipbooks untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP IT Al-Mursi Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210152_Cover.pdf

Download (27kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210152_Lampiran Depan.pdf

Download (506kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210152_BAB I.pdf

Download (258kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210152_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (712kB)
[img] Teks
S_PAI_181210152_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (233kB)
[img] Teks
S_PAI_181210152_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (167kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210152_BAB V.pdf

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210152_Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk 1) mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran PAI berbasis Heyzine Flipbooks, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran PAI berbasis Heyzine Flipbooks, 3) mengetahui efektivitas media pembelajaran PAI berbasis Heyzine Flipbooks pada siswa di SMP IT Al-Mursi Tangerang. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu metode penelititan Research and Development (R&D) dengan memakai model pengembangan 4D (Four D Model) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, model pengembangan 4D (Four D Model) terdiri dari 4 tahap (Define, Design, Develop, Desseminate). 1) Tahap define yaitu mendefinisikan permasalahan dalam pembelajaran, didalamnya terdapat analisis awal, analisis siswa, analisis tugas, analisis tujuan pembelajaran dan analisis konsep. 2) Tahap design yaitu merancang produk media pembelajaran PAI berbasis Heyzine Flipbooks menggunakan canva yang kemudian di rubah kedalam bentuk media pembelajaran berbasis flipbooks menggunakan Heyzine Flipbooks dan menyusun instrumen penelitian. 3) Tahap develop yaitu menguji kelayakan produk oleh validator ahli media, ahli materi serta guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan melakukan uji coba pengembangan pada kelas VIII sebanyak 20 siswa. 4) Tahap disseminate yaitu melakukan penyebaran media pembelajaran PAI berbasis Heyzine Flipbooks dalam skala luas. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah adalah angket validasi dan soal tes. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli dan soal pretest serta posttest. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus n-gain. Hasil penelitian diperoleh dari ahli media, ahli materi dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam didapatkan skor rerata berturut-turut 4,53, 3,75 dan 4,58 jika di rata�ratakan masuk pada kriteria “sangat baik”. Hasil pengujian produk dengan memberikan soal pretest dan posttest dengan perhitungan nilai n-gain diperoleh hasil skor rata-rata yaitu 0,43 sesuai denga kriteria penilaian n-gain masuk pada kategori sedang, sehingga dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan media pembelajaran PAI berbasis Heyzine Flipbooks pada kategori sedang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pembelajaran PAI, Heyzine Flipbooks, Hasil Belajar
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 02 Feb 2023 08:42
Perubahan Terakhir: 02 Feb 2023 08:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11233

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.