Utami, Ayu Rizka (2023) Pengembangan Media Video Animasi Berbasi Powtoon pada Pembelajaran IPA Materi Pencernaan Manusia (R&D di Kelas V SD Negeri Pancuran Kramatwatu). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240014_COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (71kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240014_LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (441kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240014_BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (232kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240014_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (383kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240014_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (508kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240014_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (593kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240014_BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (86kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240014_DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (292kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan dan untuk mengetahui kelayakan media video animasi powtoon di SD Negeri Pancuran Kramatwatu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan memodifikasi model ADDIE yang dilakukan hingga pada langkah ke lima, adapun langkah-langkah tersebut sebagai berikut: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Modifikasi ini dilakukan karena keterbatasan waktu, biaya, dan tenaga. Berdasarkan langkah-langkah di atas, peneliti menghasilkan produk berupa media video animasi powtoon pada pembelajaran IPA. Pengujian validitas meliputi tiga aspek yaitu fisik atau tampilan, aspek pemnafaatan, dan aspek materi yang melibatkan beberapa validator dengan latar belakang profesi yang berbeda. Dari data yang diperoleh 1) media video animasi powtoon mendapatkan skor validasi ahli media sebesar 86% dengan kategori “Sangat Layak”, 2) mendapatkan skor validasi ahli materi sebesar 95% dengan kategori “Sangat Layak”, 3) mendapatkan skor validasi guru kelas sebesar 93% dengan kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya dilakukan uji coba produk kepada 23 siswa dengan nilai hasil rata-rata 93,6 dengan kategori “ Sangat Baik”. Dan hasil respon siswa mencapai skor 100% dengan kategori “Sangat Baik”. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video animasi powtoon layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA materi pencernaan manusia.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajara, Video Animasi Powtoon, Ilmu Pengetahuan Alam |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 02 Feb 2023 07:52 |
Perubahan Terakhir: | 02 Feb 2023 07:52 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11228 |
Actions (login required)
Lihat Item |