Pengembangan Media Video Animasi Berbasi Powtoon pada Pembelajaran IPA Materi Pencernaan Manusia (R&D di Kelas V SD Negeri Pancuran Kramatwatu)

Utami, Ayu Rizka (2023) Pengembangan Media Video Animasi Berbasi Powtoon pada Pembelajaran IPA Materi Pencernaan Manusia (R&D di Kelas V SD Negeri Pancuran Kramatwatu). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240014_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (71kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240014_LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (441kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240014_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (232kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240014_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (383kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240014_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (508kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240014_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (593kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240014_BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (86kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240014_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (292kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan dan untuk mengetahui kelayakan media video animasi powtoon di SD Negeri Pancuran Kramatwatu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan memodifikasi model ADDIE yang dilakukan hingga pada langkah ke lima, adapun langkah-langkah tersebut sebagai berikut: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Modifikasi ini dilakukan karena keterbatasan waktu, biaya, dan tenaga. Berdasarkan langkah-langkah di atas, peneliti menghasilkan produk berupa media video animasi powtoon pada pembelajaran IPA. Pengujian validitas meliputi tiga aspek yaitu fisik atau tampilan, aspek pemnafaatan, dan aspek materi yang melibatkan beberapa validator dengan latar belakang profesi yang berbeda. Dari data yang diperoleh 1) media video animasi powtoon mendapatkan skor validasi ahli media sebesar 86% dengan kategori “Sangat Layak”, 2) mendapatkan skor validasi ahli materi sebesar 95% dengan kategori “Sangat Layak”, 3) mendapatkan skor validasi guru kelas sebesar 93% dengan kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya dilakukan uji coba produk kepada 23 siswa dengan nilai hasil rata-rata 93,6 dengan kategori “ Sangat Baik”. Dan hasil respon siswa mencapai skor 100% dengan kategori “Sangat Baik”. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video animasi powtoon layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA materi pencernaan manusia.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pembelajara, Video Animasi Powtoon, Ilmu Pengetahuan Alam
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 02 Feb 2023 07:52
Perubahan Terakhir: 02 Feb 2023 07:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11228

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.