Pengembangan Media Kosica (Kotak Sifat Cahaya) dalam Pembelajaran IPA Materi Pokok Sifat-sifat Cahaya

Mustaqimah, Dewi Nurul (2023) Pengembangan Media Kosica (Kotak Sifat Cahaya) dalam Pembelajaran IPA Materi Pokok Sifat-sifat Cahaya. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240012_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (301kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240012_Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (727kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240012_Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (155kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240012_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (515kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240012_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (587kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240012_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (871kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240012_Bab V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (265kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240012_Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (216kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan dan untuk mengetahui kelayakan media kotak sifat cahaya di SD Negeri Gudang Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menyederhanakan model Borg and Gall dari 10 langkah menjadi 6 langkah penelitian. Hal ini dilakukan karena keterbatasan waktu, biaya, tenaga, dan menyesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Langkah-langkah yang digunakan diantaranya yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, dan uji coba produk. Pengujian validitas meliputi tiga aspek yaitu aspek fisik/tampilan, aspek pemanfaatan dan aspek materi yang melibatkan beberapa validator dengan latar belakang profesi yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa persentase kelayakan media pembelajaran kosica (kotak sifat cahaya) menurut ahli media 87,5% (Sangat Layak), ahli materi 97,5% (Sangat Layak), dan guru kelas 90% (Sangat Layak). Selanjutnya dilakukan uji coba produk kepada 23 siswa dengan hasil respon siswa 96,3% (Sangat Baik), dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 91,7 (Sangat Baik). Berdasarkan dari hasil validasi ahli dan uji coba, media pembelajaran kosica (kotak sifat cahaya) layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA khususnya materi sifat-sifat cahaya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pembelajaran, Kotak Sifat Cahaya, IPA
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 02 Feb 2023 07:02
Perubahan Terakhir: 02 Feb 2023 07:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11224

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.