Peran Pendidikan Kepramukaan Dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Cilegon

Luthfiyah, Hana (2023) Peran Pendidikan Kepramukaan Dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102055_Cover.pdf

Download (20kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102055_Lampiran Depan.pdf

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102055_BAB I.pdf

Download (94kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_152102055_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (102kB)
[img] Teks
S_PAI_152102055_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (60kB)
[img] Teks
S_PAI_152102055_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (71kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102055_BAB V.pdf

Download (20kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102055_Daftar Pustaka.pdf

Download (26kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini Untuk menganalisis kegiatan kepramukaan yang ada di MAN 2 Kota Cilegon dan mengetahui peran kepramukaan dalam membentuk akhlak peserta didik kelas X di MAN 2 Kota Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh deskripsi yaitu: Kegiatan ektrakurikuler kepramukaan merupakan kegiatan untuk membetuk akhlak peserta didik dengan menanamkan nilai-nilai islami yang sejalan dengan kode etik, kode kehormatan yakni Dasa Dharma dan Trisatya. Kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan tidak hanya membentuk pada ranah kognitif saja melainkan juga ranah psikomotorik berupa pembentukan perilaku peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Implementasi pembentukkan akhlak guna membentuk karater yang ada pada ekstrakurikuler pramuka diharapkan dapat membetuk akhlakul karimah bagi peserta didik. Pembinaan pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka tidak terlepas dari beberapa faktor, yakni faktor pendukung dan faktor penghambat. Adapun faktor pendukung ialah : a. Peraturan sekolah yang mendukung, b. Pembina pramuka yang profesional, dan c. Sarana dan prasarana yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya ialah : a. Kurangnya kesdaran siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka, b. Lingkungan luar yang tidak mendukung, dan c. Kondisi Pandemi Covid-19.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pramuka, Pendidikan, Akhlak, Ekstrakurikuler
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 02 Feb 2023 07:13
Perubahan Terakhir: 02 Feb 2023 07:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11222

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.