Kholisah, Lilis (2023) Pengaruh Penerapan Model Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Organ Peredaran Darah pada Manusia. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240141_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (325kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240141_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (937kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240141_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (234kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240141_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (262kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240141_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (444kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240141_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (455kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240141_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (87kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240141_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (162kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh penerapan model active knowledge sharing terhadap hasil belajar IPA materi organ peredaran darah pada manusia di MIS Annahwa Kuranji. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi-eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 15 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 15 siswa VB sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda. Nilai rata-rata pretest kelas VA sebesar 53,00 dan kelas VB sebesar 46,03. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas VA sebesar 76,67 dan kelas VB 68,00, yang kemudian dianalisis dengan uji hipotesis (uji-t). Hasil perhitungan menunjukkan thitung sebesar 4,110 dan ttabel sebesar 1,701 dengan df 28 pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian, thitung ttabel yaitu 4,110 1,701 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, hasil penelitian menyimpulkan adanya pengaruh penerapan model active knowledge sharing terhadap hasil belajar IPA materi organ peredaran darah pada manusia di kelas V MIS Annahwa Kuranji.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Model Active Knowledge Sharing, Hasil Belajar, IPA |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 02 Feb 2023 04:29 |
Perubahan Terakhir: | 02 Feb 2023 04:29 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11220 |
Actions (login required)
Lihat Item |