Uyun, Nining Zahrotul (2023) Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hanif Cilegon (Studi Kasus di Kelas V). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240105_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (172kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240105_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (601kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240105_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (251kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240105_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (528kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240105_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (189kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240105_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (450kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240105_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (92kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240105_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (225kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui bagaimana perencanaan integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran IPA di kelas V SDIT Al-Hanif Cilegon, 2) mengetahui penerapan integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran IPA di kelas V SDIT Al-Hanif Cilegon, 3) menganalisis evaluasi integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran IPA di kelas V SDIT Al-Hanif Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Perencanaan pembelajaran integratif yang dibuat oleh guru adalah dengan membuat suplemen pembelajaran dan RPP. Suplemen pembelajaran berisi materi IPA yang dikaitkan dengan ayat-ayat atau hadis yang relavan. Suplemen pembelajaran yang telah dibuat juga diselipkan pada RPP. Namun tidak semua RPP yang dibuat oleh guru diselipkan suplemen pembelajaran. 2) penerapan integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran IPA ini dilakukan dengan mengaitkan ayat dan hadis yang relevan dengan materi, serta dilakukan melalui penyampaian nasihat. 3) suplemen pembelajaran yang telah dibuat sudah sesuai dengan penerapan integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran IPA. Namun, bila ditinjau dari RPP. Maka terdapat banyak komponen yang tidak sesuai dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan guru yang berfokus kepada penyelesaian materi dan alokasi waktu yang berubah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Integrasi, Nilai-nilai Islam, IPA |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 02 Feb 2023 03:33 |
Perubahan Terakhir: | 02 Feb 2023 03:33 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11216 |
Actions (login required)
Lihat Item |