Febriyani, Eka (2023) Pengaruh Implementasi Metode Talking Stick Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTs Al-Falah, Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210166_Cover.pdf Download (275kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210166_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210166_BAB I.pdf Download (449kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210166_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (639kB) |
||
Teks
S_PAI_181210166_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (638kB) |
||
Teks
S_PAI_181210166_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (478kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210166_BAB V.pdf Download (326kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210166_Daftar Pustaka.pdf Download (435kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi metode talking stick pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Al-Falah Pandeglang; (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Al-Falah Pandeglang; (3) pengaruh implementasi metode talking stick terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak pada materi membiasakan akhlak terpuji (ikhtiar, tawakal, sabar, syukur dan qana’ah) di MTs Al-Falah Pandeglang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pre-experimental dengan jenis one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 38 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan observasi. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkannya metode talking stick rata-rata skor yang diperoleh siswa adalah 30,32 dan setelah diterapkannya metode talking stick rata-rata skor yang diperoleh siswa adalah 86,39. Siswa rata-rata mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 80,75%. Berdasarkan hasil Uji t dua sampel (sampel paired test) yang menunjukan bahwa nilai signifikan yang diperoleh lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05) dan t hitung lebih besar dari t tabel (64.381 > 2.026). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh implementasi metode talking stick terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Al-Falah Pandeglang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode Talking Stick, Akidah Akhlak |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 02 Feb 2023 02:52 |
Perubahan Terakhir: | 02 Feb 2023 02:52 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11213 |
Actions (login required)
Lihat Item |