Pengembangan Modul Seni Kaligrafi Untuk Meningkatkan Potensi Siswa Dalam Menulis Al-Quran Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Huda Baros Serang

Aldiansyah, Aldi (2023) Pengembangan Modul Seni Kaligrafi Untuk Meningkatkan Potensi Siswa Dalam Menulis Al-Quran Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Huda Baros Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210140_Cover.pdf

Download (31kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210140_Lampiran Depan.pdf

Download (892kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210140_BAB I.pdf

Download (370kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_161210140_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (880kB)
[img] Teks
S_PAI_161210140_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (414kB)
[img] Teks
S_PAI_161210140_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (665kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210140_BAB V.pdf

Download (156kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210140_Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kaligrafi merupakan seni tulis huruf arab yang menjadi salah satu sarana komunikasi antar manusia khusunya bagi bangsa Arab dan sekitarnya. Keberadaan kaligrafi telah berhasil membawa warisan budaya berabad-abad lamanya. Kaligrafi adalah seni yang sangat di hormati diantara berbagai seni rupa Islam, karena merupakan alat utama untuk melestarikan Al-Quran. Kaligrafi adalah seni menuliskan teks ke dalam bentuk lukisan menggunakan pena, kuas, atau alat tulis lainnya ke media tertentu.. Fokus penelitian ini dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Modul Seni Kaligrafi Untuk Menigkatkan Potensi Siswa Menulis Al-Quran Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Huda Baros Serang? 2) Bagaimana Pengembangan Modul Seni Kaligrafi Untuk Menigkatkan Potensi Siswa Menulis Al-Quran Kelas XI Madrasah AliyahNurul Huda Baros Serang? penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui Modul Seni Kaligrafi Untuk Menigkatkan Potensi Siswa Menulis Al-Quran Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Huda Baros Serang. 2)Untuk mengetahui Pengembangan Modul Seni Kaligrafi Untuk Menigkatkan Potensi Siswa Menulis Al-Quran Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Huda Baros Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and developmet (R&D) dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket melalui pendekatan deskriptif, berupa kata-kata, tulisan atau lisan dan gambaran. Kesimpulan berdasarkan hasil analisis data yang telah ditemui dari penelitian ini adalah sebagai berikut : Hasil penelitian dosen ahli media, ahli materi, guru dan siswa (pengguna) menunjukan bahwa modul seni kaligrafi islami yang dikembangkan masuk dalam kategori “sangat layak”. Sebagaimana yang ditunjukan berdasarkan hasil kelayakan yang telah dilakukan, jumlah skor yang diperoleh 8,25 % berada dalam kaegori “sangat layak”. Sedangkan hasil kelayakan produk yang dinilai dari ahli materi memperoleh skor 70% dalam katgori “layak”. Dapat dikatakan demikian sebab pada pengklasifikasian interval empat seperti yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya di nyatakan presentase 50-75% “valid” 75- 100% berada dalam kategori “sangat valid” atau dalam hal ini dinyatakan “sangat layak” karena yang diperhitungkan adalah tingkat kelayakan modul seni kaligrafi islami untuk digunakan. Modul seni kaligrafi islami yang dikembangkan dapat membantu peserta didik dalam memproses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran kaligrafi. Dalam penelitian ini peneliti hanya mengembangkan modul seni kaligrafi islami dimana untuk melihat kelayakan produk tersebut oleh ahli media dan materi. Berdasarkan hasil angket ketercapaian tujuan pembelajaran yang dilakukan seteah uji coba produk modul seni kaligrafi islami oleh siswa kelas XI menunjukan presentase tertinggi mencapai jumlah skor 93-98% dalam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Seni Kaligrafi, Potensi Siswa, Menulis Alquran
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 01 Feb 2023 08:45
Perubahan Terakhir: 01 Feb 2023 08:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11207

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.